Advertisement

Politisi Muda PDIP Eko Suwanto Minta Pemda Tingkatkan Kesejahteraan Satlinmas & Jaga Warga

Media Digital
Senin, 06 November 2023 - 21:07 WIB
Arief Junianto
Politisi Muda PDIP Eko Suwanto Minta Pemda Tingkatkan Kesejahteraan Satlinmas & Jaga Warga Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto memberikan materi Sosialisasi Peran Jaga Warga dan Satlinmas dalam Mewujudkan Pemilu yang Bermartabat dan Istimewa, Senin (6/11/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

JOGJA—Guna mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY menggelar Sosialisasi Peran Jaga Warga dan Satlinmas dalam Mewujudkan Pemilu yang Bermartabat dan Istimewa.

Kegiatan yang didanai oleh Dana Keistimewaan (Danais) 2023 itu digelar di Kelurahan Bausasran dan Tegalpanggung, Kemantren Danurejan pada Senin (6/11). 

Advertisement

Kepala Seksi Satlinmas Satpol PP DIY, Sumantri mengatakan menjelang Pemilu 2024 yang kurang lebih berlangsung 90 hari lagi persiapan kepada satuan pengamanan di tingkat terbawah harus terus digencarkan.

Menurutnya, Satlinmas dan Jaga Warga ke depan akan dihadapkan dengan tugas yang cukup berat dalam pengamanan Pemilu 2024. 

"Banyak tugas berat diemban bagi anggota kelompok jaga warga yaitu membantu menyelesaikan konflik sosial di masyarakat, itu jadi tugas untuk menyelesaikan dan fungsi dari kalian adalah mediator agar permasalahan bisa selesai," katanya, Senin. 

Sementara anggota Satlinmas nantinya bakal ditempatkan di setiap TPS yang ada di wilayah setempat. Sebanyak dua orang Satlinmas ditempatkan di satu TPS.

Sementara untuk mendukung kinerja Satlinmas dan Jaga Warga sejumlah fasilitas sudah dibagikan. Untuk Jaga Warga ada handy talkie (HT) dan rompi, sementara untuk Satlinmas juga akan dibagikan seragam baru. 

"Untuk Kota Jogja Satlinmas yang bertugas di TPS nanti sudah disediakan seragam baru. Hari ini sudah dilelang dan pada awal Januari 2024 pengadaan sebanyak 3.222 pasang seragam anggota linmas sudah jadi dan bisa dipakai pada Pemilu mendatang," ujarnya. 

Dukungan Masyarakat

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto menyebut masyarakat harus mendukung pemilu damai. Penyelenggaraan pesta demokrasi yang aman dan damai pun bisa tercipta jika pihak-pihak yang terlibat dalam pemilu bekerja profesional yakni pemerintah, peserta pemilu, pemilih, dan saat penyelenggaraan kampanye.

Untuk itu, dia meminta agar peran tersebut dimulai dari Satlinmas dan Jaga Warga terlebih dahulu. 

Menurut Eko, untuk semakin mendukung kinerja Jaga Warga perangkat kelurahan dan kemantren di wilayah setempat diminta untuk mengusulkan pendirian omah jaga warga untuk tahun depan yang bisa didanai lewat Danais.

BACA JUGA: Koeswanto: Jaga Warga Harus Mampu Mengurai Konflik

Kelurahan atau kemantren bisa membuat proposal dan mengajukannya lewat Satpol PP Kota Jogja agar disahkan DPRD setempat pada Januari-Maret mendatang saat evaluasi perubahan Danais. "Yang tahu wilayah dan kampung sendiri ya kan Jaga Warga. Harus hafal dan buat sistem melapor ke atasan atau instansi terkait. Sebab pada saat Pemilu banyak hal rawan yang mesti diantisipasi," ucap politikus PDIP DIY itu. 

Tokoh masyarakat Danurejan, Bambang Budi Istiharjo menyebutkan Satlinmas dan Jaga Warga punya peran vital dalam mewujudkan Pemilu aman dan damai. Untuk itu dia mengingatkan agar dua elemen itu paham akan ketugasannya masing-masing, apalagi menjelang Pemilu berlangsung.

Menurutnya potensi konflik di wilayah DIY harus diketahui dengan cepat oleh Satlinmas dan Jaga Warga serta merumuskan penyelesaiannya. 

Menurutnya, upaya mencegah dan menciptakan kewaspadaan dini terhadap potensi konflik bisa diupayakan dengan tindakan preemtif, preventif dan deteksi dini cegah dini yang bisa diimplementasikan oleh Jaga Warga dan Satlinmas.

Dia juga berpesan bahwa sekecil apapun potensi permasalahan yang ada di setiap wilayah harus ditindaklanjuti guna mencegah berkembangnya konflik sosial di masyarakat. 

"Hal itu bisa diwujudkan dengan pemetaan, inventarisasi masalah, pengkajian, rencana aksi, monitoring dan evaluasi serta penyusunan laporan," ucapnya. 

Ketua PPK Kemantren Danurejan, Mungil Asahana menambahkan, di wilayahnya terdapat 16.355 daftar pemilih tetap (DPT) dengan rincian 7.853 laki-laki dan 8.502 perempuan. Sedangkan TPS ada sebanyak 65 yang tersebar di tiga kelurahan.

Pihaknya mengajak serta agar Satlinmas dan Jaga Warga bisa berperan aktif dalam masa kampanye yang sebentar lagi akak berlangsung yakni dimulai pada 28 November sampai 10 Februari 2024. "Untuk Danurejan nantinya kami dibantu 130 personel Satlinmas yang bertugas membantu KPPS dalam menjaga keamanan dan ketertiban pemungutan dan perhitungan suara di TPS.” (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

4 Anak di Jagakarsa Ditemukan Tewas di Kamar, Pelaku Diduga Orang Tua Kandung

News
| Rabu, 06 Desember 2023, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Wisata Bangkok, Menikmati Senja di Sungai Chao Phraya

Wisata
| Jum'at, 01 Desember 2023, 21:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement