Advertisement

Program Transmigrasi di Sleman Jalan Terus, Segini Jumlah Antreannya

Catur Dwi Janati
Selasa, 07 November 2023 - 19:47 WIB
Maya Herawati
Program Transmigrasi di Sleman Jalan Terus, Segini Jumlah Antreannya Transmigrasi - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah transmigran asal Sleman mulai diberangkatkan ke lokasi transmigrasi. Tercatat lima KK asal Sleman bakal diberangkatkan ke lokasi transmigrasi tahun ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sleman, Sutiasih mengungkapkan pada tahun 2023 Disnaker Sleman menargetkan pemberangkatan lima transmigran ke lokasi tujuan. Kelima KK tersebut diberangkatkan meninju lokasi tujuan masing-masing. "Target penempatan tahun 2023 lima KK," tegas Sutiasih, Selasa (7/11/2023).

Advertisement

Secara rinci dari lima KK penduduk Sleman yang berangkat, dua KK di antaranya di diberangkatkan ke Salulisu, Mamuju Tengah , Sulawesi Barat. Adapun dua KK tersebut berisikan delapan jiwa. "UPT Salulisu telah dilakukan pemberangkatan tanggal 30 Okt 2023," jelasnya.

Selanjutnya dua KK lainnya ditransmigrasikan ke Raimuna, Muna , Sulawesi Tenggara. Dalam rombongan ini terdapat satu orang hamil. Sementara satu KK lainnya akan diberangkatkan ke Tempirai Selatan, Pali, Sumatera Selatan.  "UPT Raimuna direncanakan [berangkat] bulan Nobember 2023," katanya.

BACA JUGA: Siswa SD di Gunungkidul Pukul Kepala Teman, Polisi Turun Tangan

Meski lima KK bakal diberangkatkan ke lokasi transmigrasi tahun ini, antrean calon transmigran asal Sleman yang menunggu untuk diberangkatkan mencapai puluhan orang. "Daftar penunggu 28 KK," kata Sutiasih.

Sementara Sutiasih belum dapat memastikan berapa kuota yang akan diperoleh Sleman untuk pemberangkatan calon transmigran pada tahun depan. "Belum tahu karena kuota dari pusat diberikan ke DIY dan dibagi ke kabupaten/kota. Kuota turun biasanya di tahun berjalan," katanya.

Di sisi lain Sutiasih berharap program transmigrasi ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat. Transmigrasi lanjut Sutiasih juga diharapkan mampu memberikan lapangan kerja di bidang pertanian. "Juga mendorong pemerataan dan percepatan pembangunan di kabupaten tempat lokasi transmigrasi berada," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Ibu-Ibu Dikenalkan Bisnis Sampingan

Jogjapolitan | 1 hour ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Sebut Telah Masukkan Program Makan Siang Gratis ke Dalam RKP 2025

News
| Senin, 06 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement