Advertisement

Purna Paskibraka Menjadi Duta Pancasila

Media Digital
Rabu, 15 November 2023 - 22:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Purna Paskibraka Menjadi Duta Pancasila Pengukuhan Purna Paskibraka Duta Pancasila oleh BPIP dan BPO Disdikpora DIY, Rabu (15/11/2023).(Harian Jogja - Yosef Leon Pinsker)

Advertisement

JOGJA—Sebanyak 104 Purna Paskibraka di wilayah DIY dikukuhkan sebagai Duta Pancasila oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Balai Pemuda dan Olahraga Disdikpora DIY, Rabu (15/11/2023). Pengukuhan itu diharapkan menjadi momentum bagi generasi milenial untuk ambil bagian dalam pengarusutamaan Pancasila di masyarakat.

Pengukuhan Purna Paskibraka Duta Pancasila DIY dipimpin langsung oleh Direktur Pengendalian BPIP, Mukhammad Fahrurozi. Purna Paskibraka terlebih dahulu ditanya kesiapan dan kesiagaannya menjadi Duta Pancasila. Setelah itu dilakukan pembacaan ikrar yang dilanjutkan dengan penyematan pin dan pemberian piagam penghargaan. Fahrurozi mengatakan Purna Paskibraka 2023 telah selesai melaksanakan tugas dalam mengibarkan dan menurunkan bendera pusaka pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Hari Kelahiran Pancasila. Tugas mereka pun belum selesai hanya pada pengibaran bendera, melainkan menjaga agar Sang Saka Merah Putih terus berkibar di seluruh Indonesia.

Advertisement

"Kalian ditetapkan sebagai Duta Pancasila, ini bermakna bahwa kalian wajib memegang teguh konsensus terhadap Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika," kata Fahrurozi.

Selain itu, Purna Paskibraka Duta Pancasila akan menjadi teladan dalam mengarusutamaan Pancasila dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara. Melalui laku hidup sehari-hari, Duta Pancasila harus bisa menanamkan nilai yang dikandung dalam Pancasila, yaitu persatuan dan kesatuan, cinta Tanah Air dan rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara.

Plt Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum Setda DIY, Dewo Isnu Broto Imam Santosa menyebut Pancasila di masa sekarang harus bisa dimaknai tidak hanya falsafah bangsa, melainkan orientasi yang menyatukan keragaman masyarakat Indonesia. Untuk itu penting bagi generasi muda untuk mendapatkan edukasi dan pengajaran Pancasila. "Bukan semata hanya hafalan atau dogma, namun harus dimaknai sebagai sebuah perjalanan dalam merajut nilai luhur bangsa Indonesia. Pancasila adalah pencerahan generasi muda yang memandu lini kehidupan dengan membawa semangat persatuan," katanya.

Dewo juga mengajak Purna Paskibraka Duta Pancasila yang ke depan akan menjadi calon pemimpin Indonesia emas dapat memanfaatkan berbagai macam media menjadi media penyebarluasan nilai Pancasila. Dengan demikian aktualisasi nilai  Pancasila tetap dijalankan di kehidupan masyarakat meskipun dengan sederhana dan mulai dari yang paling kecil.

"Duta Pancasila harus mampu mengkreasi pendekatan agar Pancasila secara nalar diterima, sehingga menjadi ideologi hidup. Duta Pancasila harus menjadi aktor dan benar-benar diterapkan sesederhana apapun, manfaatkan segala macam media untuk menyebarluaskan persatuan dan kesatuan," katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arab Saudi Tangkap Warganya yang Bicarakan Perang Hamas-Israel di Media Sosial

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement