Advertisement

Disepakati Pekan Depan, APBD 2024 Kota Jogja Paling Banyak Digelontorkan untuk 3 Dinas Ini

Triyo Handoko
Jum'at, 17 November 2023 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Disepakati Pekan Depan, APBD 2024 Kota Jogja Paling Banyak Digelontorkan untuk 3 Dinas Ini Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penyusunan APBD Kota Jogja 2024 tengah dibahas di DPRD Kota Jogja. Dijadwalkan kesepakatan bersama DPRD dan Pemkot Jogja ihwal APBD Kota Jogja akan digelar pada Senin (27/11/2023) mendatang.

Sebelum dibahas ke DPRD Jogja, setiap dinas di lingkungan Pemkot Jogja sudah mengajukan anggarannya masing-masing.

Advertisement

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jogja yang mengatur proses penyusunan bersama APBD 2024 itu menjelaskan terdapat tiga dinas yang memiliki rencana anggaran terbesar.

Ketiga dinas tersebut masing-masing adalah Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP).

Kepala Bidang Anggaran BPKAD Jogja, Hilmi Arifin merinci anggaran untuk Disdikpora sekitar 25% dari total APBD 2024. Sedangkan Dinkes sekitar 15%, lalu DPUPKP sebanyak 10% dari total APBD 2024. “Jumlah pastinya belum dapat disebutkan karena masih dibahas dan akan diputuskan 27 November nanti,” jelasnya, Rabu (15/11/2023).

BACA JUGA: Pemkot Jogja Siapkan Rp2,9 Miliar di APBD Perubahan untuk Penanganan Sampah

Tak hanya belum bisa menyebutkan nilai masing-masing anggaran tiap dinas, Hilmi juga belum dapat memastikan rencana total APBD 2024. “Nanti kalau sudah diputuskan pasti akan kami sampaikan ke masyarakat luas, yang jelas penyusunan APBD 2024 ini sudah sesuai prosedur yang ada dan tertib administratif,” ungkapnya.

Penyusunan APBD 2024, jelas Hilmi, juga dilakukan secara proporsional. “Disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan yang ada dan rencana pembangunan yang ada sebelumnya, prosesnya panjang untuk menentukan,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cegah Tawuran, Polisi Bubarkan Pemuda Nongkrong

News
| Minggu, 28 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement