Advertisement

Begini Perkembangan Tol Solo-Jogja-YIA di Atas Ring Road

Catur Dwi Janati
Sabtu, 25 November 2023 - 19:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Begini Perkembangan Tol Solo-Jogja-YIA di Atas Ring Road Progres proyek pelebaran jalan yang masuk dalam bagian pengerjaan tol Jogja-Solo di area ring road Trihanggo. - Istimewa // PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Proyek pelebaran jalan ring road di area Trihanggo yang merupakan bagian dari tahap pembangunan Tol Jogja-Solo terus beprogres. Setelah beberapa pekan digarap, pelebaran jalan satu meter mulai memasuki tahap pengaspalan.

"Sudah mulai pengaspalan. Pelebarannya itu sudah kita aspal," terang Humas PT. Adhi Karya Pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2 Paket 2.2, Agung Murhandjanto pada Jumat (24/11/2023).

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo, Pelebaran Jalan di Ring Road Masuk Tahap Pengaspalan

Advertisement

Sebagai gambaran, pihak kontraktor Tol Jogja-Solo akan melakukan pelebaran jalan satu meter di sisi utara dan selatan di area ring road Trihanggo sebelum mengerjakan konstruksi pilar tol di tengah ring road.

Pasalnya saat pekerjaan tol di tengah ring road berlangsung, proyek diperkirakan akan memakan jalan ring road selebar 12 meter. Sehingga hanya menyisakan 7,55 meter ke arah Godean dan 7,55 meter ke arah Jombor yang bisa dilewati kendaraan. Lebar tersebut sudah termasuk satu meter pelebaran jalan yang dikerjakan saat ini. 

Pelebaran yang dikerjakan saat ini meliputi sekitar 500 meter di timur simpang empat Kronggahan hingga tikungan Ngawen. Sementara hingga kini bagian yang telah di aspal meliputi sisi barat simpang Kronggahan sebelah utara maupun selatan.

BACA JUGA: Tol Jogja-Solo Seksi 2: Pembebasan Lahan Capai 53,76 Persen, Sisanya Dikebut

Bila dipersentasekan pengaspalan pada proyek pelebaran jalan ini telah mencapai lebih dari angka 50 persen. "Baru dua sisi dulu yang barat traffic light," jelasnya. 

"Pengaspalan sisi timur ini terus langsung simultan. Pokoknya targetnya tanggal 27," imbuh Agung. 

Melihat kondisi di lapangan, Agung memperkirakan konstruksi di tengah ring road akan dimulai akhir tahun. Sementara saat ini kontraktor fokus pada merampungkan proyek pelebaran jalan. 

"Ini kita maksimalkan yang pinggir-pinggir dulu. Pertengahan Desember [bongkar separator tengah ring road]," tegasnya. 

Proyeksinya setelah tahun baru kontraktor baru bisa mengebut pengerjaan untuk area tengah ring road. Pasalnya libur Nataru diprediksi Agung akan mengalami pemadatan lalu lintas. Bila pengerjaan di tengah ring road berlangsung, dikhawatirkan akan menimbulkan kemacetan di sana.  

"Mungkin kita genjotnya setelah tahun baru. Awal tahun kita bisa genjot di ring road. Mungkin Nataru kita belum bisa nutup tengah, tapi kita lebarkan yang kita lepas seperti yang jalur lambat," tegasnya. 

Pemadatan Jalan

Bergeser ke penggarapan di Tirtoadi, di sana pemadatan lahan secara masif dilakukan tepatnya di area yang berbatasan dengan Tol Jogja-Bawen. Pemadatan di area tersebut mencapai satu hektare. 

"Pemadatan, itu lahan yang baru yang mepet sama tol Jogja-Bawen yang ada di Simping itu sudah mulai pemadatan secara masif. Sudah terbuka lahannya," tutur Agung

Tak hanya telah dipadatkan, di lokasi tersebut kontraktor mulai menurunkan material timbunan. Progresnya pun cukup tinggi. "Sudah hampir 60 persen," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement