Advertisement

Masyarakat Diajak Mengenal Jeron Beteng Lewat Sport Tourism

Sunartono
Senin, 27 November 2023 - 12:07 WIB
Sunartono
Masyarakat Diajak Mengenal Jeron Beteng Lewat Sport Tourism Kegiatan jalan sehat dengan rute jeron beteng, Minggu (26/11/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kawasan Jeron Beteng yang merupakan ring terdekat masyarakat dengan lingkungan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki banyak potensi wisata sejarah dan budaya. Masyarakat perlu untuk diajak mengenal kawasan jeron beteng yang merupakan bagian dari kawasan sumbu filosofi yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Sebuah event jalan sehat jeron beteng pun digelar oleh GKR Indonesia dengan start dan finish di Sasono Hinggil Alun-Alun Selatan Jogja, Minggu (27/11/2023). Kegiatan yang merupakan rangkaian pahargyan mangayubagyo yuswo dalem 80 warsa Sri Sultan Hamengku Buwono X sekaligus untuk mendorong sport tourism mengenalkan area jeron beteng ke masyarakat.

Advertisement

BACA JUGA : Revitalisasi Jeron Beteng Kraton Jogja: Kesepakatan dengan Warga Ditarget Selesai di 2024

Melalui kegiatan olahraga tersebut para peserta dengan jumlah sekitar 1.700 orang bisa menikmati kawasan jeron beteng dengan berbagai kondisi fisik dan bangunan yang saat ini sudah banyak dilakukan revitalisasi dan tertata dengan baik.

Penghageng Datu Dana Suyasa Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat GKR Mangkubumi mengatakan melalui kegiatan tersebut bisa memperkenal lingkungan jeron beteng kepada masyarakat melalui sport tourism yaitu dengan berolahraga jalan sehat.

“Event ini merupakan  rangkaian mangayubagyo yuswo dalem ke-80 tahun Jawa, kemudian jalan jeron beteng, mengenalkan suasana dan lingkungan yang ada di Jeron Beteng. Selain itu menjadi ajang silaturahmi kami dengan warga bersama dengan lainnya, antarwarga, dan menggiatkan [wisata] olahraga,” katanya.

BACA JUGA : Sumbu Filosofi: Rumah yang Menempel Jeron Beteng Akan Direlokasi, Begini Penjelasan Sultan Jogja

Kegiatan itu juga dihadiri pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemda DIY. Masyarakat sangat antusias mengikuti rute melewati sejumlah tempat bersejarah di lingkungan Jeron Beteng, Kraton Ngayogyakarta Jadiningrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Tangkap 300 Demonstran Pro Palestina di New York

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement