Advertisement

Ribuan Petani Tembakau Gunungkidul Dapat BLT Rp600.000

David Kurniawan
Selasa, 28 November 2023 - 12:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Ribuan Petani Tembakau Gunungkidul Dapat BLT Rp600.000 Bupati Gunungkidul Sunaryanta saat menyerahkan bantuan BLT kepada petani tembakau di Balai Kalurahan Grogol, Paliyan, Selasa (28/11 - 2023). (Foto istimewa Humas Pemkab Gunungkidul)

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sedikitnya 1.027 petani atau buruh tani tembakau di Gunungkidul mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) sebesar Rp600.000. Simbolisasi penyerahan bantuan diberikan oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta di Kalurahan Grogol, Paliyan, Selasa (28/11/2023).

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Sosial P3A) Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan penyaluran BLT merupakan program dari Pemerintah Pusat. Adapun pelaksanaan menggunakan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau yang rutin diberikan setiap tahunnya.

Advertisement

Baca Juga: Wabup Sleman Serahkan BLT Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau

Oleh karenanya, tidak semua petani mendapatkan bantuan dikarenakan program difokuskan untuk petani maupun buruh tembakau. Sebelum penyaluran bantuan, sejak  Juli hingga Desember mendatang ada pendampingan berkaitan dengan bagi hasil cukai tembakau.

“Tahun ini memang ada BLT untuk petani maupun buruh tani tembakau di Gunungkidul,” kata Asti kepada wartawan, Selasa siang.

Baca Juga: Pemkab Gunungkidul Tunggu Arahan Pencairan BLT Dampak El Nino

Ia menjelaskan total ada 1.027 orang yang berasal dari delapan kapanewon penghasil tembakau di Bumi Handayani. Besaran bantuan yang diterima Rp600.000 per orangnya.

“Simbolisasi bantuan diberikan oleh Pak Bupati kepada petani penerima manfaat di Kalurahan Grogol, Paliyan,” ungkap mantan Kepala Dinas Pariwisata ini.

Selain pemberian BLT, di kesempatan yang sama juga diberikan bantuan kepada empat Kelompok Usaha Bersama (Kube) FM Penumbuhan dengan total bantuan Rp80 juta. “Masing-masing Kube memeroleh bantuan Rp20 juta,” katanya.

Baca Juga: Ribuan Pekerja Buruh Rokok di Jogja Terima Bantuan Langsung Tunai

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta berharap BLT yang diberikan dapat memberikan manfaat bagi para petani maupun buruh tani tembakau. Ia juga meminta bantuan dipergunakan untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Bantuan stimulan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tujuannya agar tahun depan bisa menghasilkan lagi dana bantuan untuk para petani,” katanya.

Menurut Sunaryanta, potensi tembakau di Gunungkidul sangat bagus. Ia mencatat tahun ini terdapat panen tembakau mencapai 400 ton. “Potensinya cukup bagus karena bisa menjadi salah satu penggerak ekonomi daerah,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bertolak ke Melbourne, Jokowi hadiri KTT Asean-Australia

News
| Senin, 04 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement