Advertisement

Pemkab Gunungkidul Tunggu Arahan Pencairan BLT Dampak El Nino

David Kurniawan
Kamis, 02 November 2023 - 14:57 WIB
Maya Herawati
Pemkab Gunungkidul Tunggu Arahan Pencairan BLT Dampak El Nino Ilustrasi uang / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemerintah Pusat berencana menggelontorkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak El Nino mulai November. Meski demikian, hingga sekarang Pemkab Gunungkidul belum mendapatkan arahan berkaitan dengan pencairan bantuan ini.

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (Sosial P3A) Gunungkidul, Giyanto mengatakan, pencairan BLT El Nino masih sebatas informasi. Pasalnya, hingga sekarang belum ada koordiansi secara resmi membahas pelaksanaan pencairan.

Advertisement

“Informasinya ada pencairan BLT El Nino. Tetapi, belum pernah ada rapat membahas ini. Jadi, kami menunggu instruksi secara resminya seperti apa,” kata Giyanto, Kamis (2/11/2023).

Oleh karenanya, ia belum bisa memastikan terkait dengan jumlah penerima di Gunungkidul. Hal ini juga menyangkut data penerima karena jika mengacu pada program maka bisa menggunakan data registrasi sosial ekonomi.

BACA JUGA: Gunung Merapi Alami Guguran Lava 13 Kali, Jarak Luncur 1,7 Kilometer

Namun di sisi lain, lanjut Giyanto, berdasarkan pemberitaan di media, data yang digunakan berdasarkan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dengan mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Ya kalau mengacu pada PKH ada sekitar 53.000 keluarga penerima manfaat di Gunungkidul. Tapi, untuk kepastian, kami masih menunggu juknis dari Pemerintah Pusat biar jelas semuanya,” katanya.

Guna mengetahui kepastian program ini, ia mengaku sudah berkoordinasi dengan pendamping PKH. Namun, juga belum ada kepastian tentang BLT El Nino. “Sebaiknya ditunggu dulu. Mungkin dalam waktu dekat ada informasi jelasnya,” kata Giyanto.

Senada diungkapkan oleh Sekretaris Dinas Sosial P3A Gunungkidul, Nurudin Araniri. Menurut dia, detail program masih menunggu penjelasan dari Pemerintah Pusat. “Infonya masuk melalui PKH, tapi ditunggu detailnya seperti apa,” kata Udin.

Seperti dikutip dari Bisnis.com jaringan Harianjogja.com, Pemerintah Pusat menyiapkan anggaran Rp7,52 triliun untuk BLT El Nino yang disalurkan November dan Desember. Total ada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat dengan alokasi bantuan Rp200.000 per bulan sehingga yang diterima Rp400.000 per keluarga. Adapun penerima bantuan harus warga Masyarakat miskin dan terdaftar sebagai penerima PKH.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bisnis Data Center NeutraDC Hadir Sebagai Penyedia AI Enabler di Indonesia Cloud & Datacenter Convention 2024

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement