Advertisement

105 PNS Terima Satya Lancana Karya Satya, Dituntut Etos Kerja Lebih

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 29 November 2023 - 19:27 WIB
Maya Herawati
105 PNS Terima Satya Lancana Karya Satya, Dituntut Etos Kerja Lebih Ilustrasi Aparatur Sipil Negara / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak 105 pegawai negeri sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo menerima tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya di Aula Adhikarta Gedung Kaca, Rabu (29/11/2023).

Dalam penyamatan tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Kulonprogo, Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan penghargaan tersebut diharpkan menjadi motivasi dalam meningkatkan semangat dan etos kerja dalam meraih prestasi lebih baik.

Advertisement

"Penghargaan ini harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan kewajiban seorang PNS, untuk menjalankan kewajibannya," kata Made dalam keterangan tertulis, Rabu (29/11/2023).

Made menambahkan penghargaan tersebut dapat dimaknai sebagai bentuk apresiasi dan pembinaan untuk memupuk kedisiplinan, kesadaran, serta tanggung jawab sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dalam kehidupan sosial.

Dia menerangkan  Satya Lancana Karya Satya merupakan wujud penghargaan dari Presiden RI bagi PNS yang dalam melaksanakan tugasnya telah menunjukkan loyalitas, pengabdian, kecakapan, kejujuran, dan kedisiplinan, serta telah bekerja tanpa cacat-cela sebagai seorang pamong praja.

BACA JUGA: Jadi Operator Prostitusi Online dan Jual Gadis di Bawah Umur, 2 Pemuda Jogja Ditangkap Polisi

Selain itu Made mendorong penguatan budaya kerja ASN sebagai salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia di Kabupaten Kulonprogo.

"Internalisasi Core Value BerAkhlak bagi ASN menjadi dasar penguatan budaya kerja di instansi pemerintah untuk mendukung pencapaian kinerja individu dan tujuan organisasi. Oleh karena itu nilai-nilai dasar ini harus ada dalam setiap institusi dan diri seorang ASN," katanya.

Sedangkan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulonprogo, Sudarmanto mengatakan 105 penerima tanda kehormatan tersebut terdiri dari  29 orang penerima Satya Lancana Karya Satya 30 tahun, 51 penerima Satya Lancana Karya Satya 20 tahun dan penerima Satya Lancana Karya Satya 10 tahun sejumlah 25 orang.

"Selain penganugrahan Satya Lancana Karya Satya, pada kesempatan ini juga dilaksanakan Internalisasi Core Value BerAkhlak dan penandatanganan pakta integritas bagi para kepala OPD, para Kepala Puskesmas dan Koordinator Kelompok Kerja Kepala Sekolah di lingkungan Pemkab Kulonprogo sejumlah 81 orang," kata Sudarmanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tahun Ini Bagi-Bagi Rice Cooker Gratis Bakal Ada Lagi, Kementerian ESDM: Anggaran Sudah Ada

News
| Kamis, 29 Februari 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement