Advertisement

4 Kantor Kelurahan di Jogja Ini Punya Gedung Baru Tahun Depan

Triyo Handoko
Kamis, 30 November 2023 - 15:37 WIB
Arief Junianto
4 Kantor Kelurahan di Jogja Ini Punya Gedung Baru Tahun Depan Ilustrasi proyek pembangunan. - Harian Jogja/freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja berencana membangun empat kantor kelurahan di wilayah Kota Jogja pada 2024 mendatang. Rencana itu pun sudah disetujui DPRD Kota Jogja, kini tinggal mendapat persetujuan Gubernur DIY.

Keempat kelurahan yang kantornya akan dibangun itu adalah Suryatmajan, Tahunan, Bausaran, dan Klitren. Lokasi pembangunan empat kantor kelurahan itu berbeda dengan lokasi kantornya sekarang.

Advertisement

Meskipun berada di lokasi yang berbeda, empat kantor baru itu masih berada dekat dengan kantor yang sekarang. Penaggungjawab pembangunan kantor baru empat kelurahan itu adalah Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Penataan Kawasan (DPUPKP) Jogja.

“Masih dekat dan sudah mendapat persetujuan berbagai pihak, tinggal yang terakhir ini menunggu persetujuan Gubernur DIY,” kata Kepala Bidang Penataan Bangunan DPUPKP Jogja, Fakhrul Nur Cahyanto, Rabu (30/11/2023).

Fakhrul menjelaskan pembangunan baru empat kantor kelurahan itu untuk menunjang layanan ke masyarakat. “Kami akan bangun bangunan baru dengan dua lantai harapannya dapat lebih meningkatkan kinerja kelurahan dan meningkatkan layanannya,” katanya.

Proses pembangunan kantor baru empat kelurahan itu direncanakan melalui tender. “Sama seperti dua pembangunan dua kantor kelurahan tahun ini di Bumijo dan Purbayan, dengan tender,” ujar Fakhrul.

BACA JUGA: Megaproyek Pembangunan IKN, Jokowi: Untuk Mengatasi Ketimpangan Ekonomi

Selama pembangunan kantor baru empat kelurahan itu, jelas Fakhrul, dijanjikan tidak mengganggu layanan kelurahan. “Karena layanan masih dan akan seperti biasa di kantor lama, sampai nanti penyerahan kantor baru layanan akan di kantor lama,” terangnya.

Fakhrul menerangkan empat kantor lama nantinya dikelola Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Jogja. “Akan dijadikan apa nanti tergantung BKAD, yang jelas itu nanti jadi asetnya mereka,” ungkapnya.

Pembangunan kantor kelurahan di Kota Jogja, lanjut Fakhrul, merupakan program berkesinambungan yang nantinya akan menyasar seluruh kelurahan. “Tahun ini sudah jadi dua, yang di Purbayan sudah diserahkan ke perangkat kelurahannya, yang di Bumijo minggu depan akan diserahkan karena tinggal finishing saja,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hujan Lebat dan Banjir Tewaskan 76 Orang di Kenya

News
| Minggu, 28 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement