Advertisement

RSUD Sleman Siap Tampung Caleg Depresi karena Gagal di Pemilu 2024

Jumali
Kamis, 30 November 2023 - 15:57 WIB
Arief Junianto
RSUD Sleman Siap Tampung Caleg Depresi karena Gagal di Pemilu 2024 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—RSUD Sleman siap melayani calon anggota legislatif (caleg) yang gagal dalam Pemilu 2024. Layanan itu disiapkan untuk mengatasi adanya caleg yang depresi karena gagal terpilih.

Direktur RSUD Sleman Novita Krisnaeni mengatakan, meski tidak menyiapkan ruang isolasi, tapi jawatannya telah menyiapkan 2 psikiater dan 1 psikolog klinis untuk membantu merawat dan mengobati pasien dengan gangguan kejiwaan. "Termasuk untuk caleg yang gagal," kata Novita, Kamis (30/11/2023).

Advertisement

Menurut Novita, berkaca pada pengalaman di Pemilu sebelumnya, RSUD Sleman mencatat belum ada pasien stres karena kalah dalam Pemilu. Sebab, dalam diagnosis tidak mencatat hal tersebut. "Sejauh ini belum ya. Sepertinya aman-aman saja," lanjut Novita.

BACA JUGA: Waspadalah! Caleg Kalah Pemilu Punya Potensi Alami Gangguan Jiwa

Novita mengungkapkan, sebelum mendaftar sebagai kontestan Pemilu 2024, pihaknya sejatinya telah melakukan pemeriksaan kejiwaan terhadap para caleg. Sebab, salah satu syarat mendaftarkan diri sebagai caleg, mereka harus mengantongi surat sehat jasmani dan rohani.

"Dan, itu hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Sebab yang bisa menyatakan sehat jasmani dan rohani adalah dokter spesialis jiwa. Mereka yang mengetes dan menyatakan caleg tersebut sehat jasmani dan rohani," ucap Novita. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Panggil Dua Personel TNI Ajudan Gubernur Nonaktif Maluku Utara Sebagai Saksi

News
| Senin, 04 Maret 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement