Advertisement

Pengaspalan Tol Jogja-Solo di Ring Road Rampung, Kontraktor: Bisa Dilewati Pekan Ini

Catur Dwi Janati
Kamis, 30 November 2023 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Pengaspalan Tol Jogja-Solo di Ring Road Rampung, Kontraktor: Bisa Dilewati Pekan Ini Pekerja proyek melangsungkan proyek pengapalan pada tahap pelebaran jalan ring road terdampak tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman. - Istimewa/PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Tahap pelebaran jalan di area Ring Road yang terdampak proyek tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman mulai berprogres.

Terbaru, kontraktor mulai merampungkan pengaspalan pada area jalan yang dilebarkan. Bahkan, pekan ini ditargetkan area pelebaran jalan itu sudah bisa dilewati pengendara. 

Advertisement

Dimulai pertengahan Oktober lalu, pelebaran jalan di area Ring Road Trihanggo terus terlihat progresnya.

Pelebaran jalan yang membentang dari 500 meter di timur simpang empat Kronggahan hingga tikungan Ngawen kini mulai tampak diaspal. "Kiri-kanan pelebaran jalannya sekarang sudah mulai pengaspalan," kata Humas PT. Adhi Karya Pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2 Agung Murhandjanto, Kamis (30/11/2023)

Kontraktor Tol Jogja-Solo melakukan pelebaran jalan satu meter di sisi utara dan selatan area Ring Road Trihanggo. Pengerjaan ini dilakukan sebelum melakukan konstruksi pilar tol di tengah Ring Road. 

Pasalnya, pembangunan tol di atas Ring Road diestimasi akan memakan jalan selebar 12 meter sehingga hanya menyisakan 7,55 meter ke arah Godean dan 7,55 meter ke arah Jombor yang nantinya bisa dilewati kendaraan. Lebar tersebut sudah termasuk satu meter pelebaran jalan yang dikerjakan saat ini. 

Dengan cakupan jalan yang dilebarkan, kontraktor berharap saat pengerjaan konstruksi di tengah Ring Road berlangsung, pengendara masih bisa melintas di jalan yang tersisa dan jalan yang dilebarkan. "Insyallah sudah selesai, mungkin hari ini bisa progres," imbuhnya. 

Seusai pengaspalan di titik pelebaran jalan rampung dilakukan, kontraktor akan menyambung patahan antara jalan yang dilebarkan dengan lajur lambat. Dengan tinggi yang sama dengan jalan eksisting, diharapkan jalan yang dilebarkan bisa aman dilewati pengendara.   

"Sudah sejajar, nanti kami samakan itu. Kemarin kan sempat [berbeda] kami samakan lagi supaya pengendara itu lebih aman nanti tidak ada gelombang jalan. Jadi kita samakan pelebaran sama eksisting lajur lambat," jelasnya.

BACA JUGA: Pusat Oleh-oleh Baru di Dekat Tol Jogja-Solo Mulai Bermunculan

Untuk keamanan sementara, baik water barrier maupun lampu selang masih dipasang untuk meningkatkan kewaspadaan pengendara. Meski pengapalan rampung dilakukan, kontraktor baru akan membuka jalan yang dilebarkan 2-3 hari ke depan. "Mungkin 2-3 hari lagi sudah bisa digabung," kata Agung.

Bila merujuk tahapan pengerjaan, pasca tuntasnya pelebaran jalan ini tahapan proyek seharusnya masuk ke sisi tengah Ring Road dengan agenda pembangunan pilar penyangga tol melayang atau elevated.

Namun, lantaran saat ini sudah masuk Desember, kontraktor mempertimbangkan aspek lalu lintas jalan Ring Road yang berpotensi meningkat saat libur Natal dan Tahun Baru.

Itulah sebabnya, pihak pengembang menimbang opsi penjadwalan ulang untuk penggarapan konstruksi tol di tengah Ring Road.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bertolak ke Melbourne, Jokowi hadiri KTT Asean-Australia

News
| Senin, 04 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement