Advertisement

Dinas Kebudayaan Sleman Beri Penghargaan Kepada Enam Seniman dan Budayawan, Ini Daftarnya

Jumali
Minggu, 03 Desember 2023 - 15:47 WIB
Ujang Hasanudin
Dinas Kebudayaan Sleman Beri Penghargaan Kepada Enam Seniman dan Budayawan, Ini Daftarnya Anugerah Kebudayaan Kabupaten Sleman 2023, di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman, Sabtu (2/12/2023) malam - Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman memberikan penghargaan kepada enam seniman dan budayawan pada Anugerah Kebudayaan Kabupaten Sleman 2023.

Keenam seniman dan budayawan yang mendapatkan penghargaan tersebut antara lain, Niha Khoirunnisa (anak-anak beprestasi di bidang kebudayaan), Wahjudi Djaja (budayawan), Agus Sukina (kreator), Agus Budi Nugroho (pelestari/pelaku seni), Mbah Asih (pelestari/pelaku tradisi budaya), dan Korem 0732/Pamungkas (pengelola Bangunan Cagar Budaya), Wisma Kaliurang (pelestari/pelaku warisan budaya).

Advertisement

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan Pemerintah Kabupaten Sleman akan terus memberikan dukungan serta perhatian terhadap kegiatan yang termasuk dalam pemajuan dan pelestarian Kebudayaan di Kabupaten Sleman.

Ia berharap dengan adanya salah satu penerima penghargaan yang berasal dari kalangan generasi muda, kedepan estafet pelestarian kebudayaan di Sleman terus dilakukan regenerasi dari seniman senior kepada yunior.

"Semoga dengan penghargaan ini dapat memotivasi seniman Sleman untuk berkarya. Terlebih lagi ada salah satu penerima penghargaan dari generasi muda, sehingga saya harap ada estafet dari seniman senior kepada seniman yunior dalam melestarikan kebudayaan di Kabupaten Sleman," kata Kustini, pada Anugerah Kebudayaan Kabupaten Sleman 2023, di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman, Sabtu (2/12/2023) malam.

BACA JUGA: Disbud Sleman Gelar Pawai Budaya Garis Imajiner, Diikuti Ribuan Peserta

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Sleman, Edy Winarya melaporkan Anugerah Kebudayaan Kabupaten Sleman 2023 merupakan ajang pemberian penghargaan kepada seniman dan budayawan, sekaligus untuk mendorong partisipasi masyarakat sehingga bisa berperan secara aktif dalam pelestarian budaya.

"Penghargaan Anugrah Kebudayaan Sleman diberikan kepada pihak yang berprestasi atau berkontribusi luar biasa sesuai dengan prestasi dan kontribusinya dalam Pemajuan Kebudayaan di Kabupaten Sleman,” jelas Edy

Ia menambahkan penetapan calon penerima penghargaan dilaksanakan melalui verifikasi dan penilaian terhadap usulan bakal calon penerima penghargaan yang masuk baik dari Kapanewon, Organisasi/Kelompok Masyarakat Kebudayaan dan perorangan. Nantinya usulan yang masuk akan dilakukan penilaian tim juri yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kabupaten Sleman nomor 36/Kep.Ka.Dinas Kebudayaan/2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pendidik di Pacitan Antusias Kolaborasi dengan Museum Song Terus

News
| Jum'at, 26 Juli 2024, 22:40 WIB

Advertisement

alt

Taman Balekambang Solo Resmi Dibuka Kamis 25 Juli 2024, Segini Tarif Masuk dan Jam Operasionalnya

Wisata
| Rabu, 24 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement