Advertisement

Sepi karena Kurang Akses, Pedagang di Taman Kuliner Terminal Wonosari Berhenti Jualan

Triyo Handoko
Selasa, 05 Desember 2023 - 19:07 WIB
Maya Herawati
Sepi karena Kurang Akses, Pedagang di Taman Kuliner Terminal Wonosari Berhenti Jualan Suasana taman kuliner di Terminal Wonosari yang sepi dan banyak PKL yang menutup jualannya, Selasa (5/12/2023). - Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Taman kuliner yang berada di kompleks Terminal Wonosari di Kalurahan Selang, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul sepi pembeli. Para pedagang di taman kuliner yang tergabung dalam Asosiasi Pedagang Kaki Lima (APKIL) Terminal Wonosari itu menilai minimnya akses pengunjung ke area mereka jadi sebab sepinya taman kuliner itu.

Sepinya taman kuliner dan permintaan akses jalan masuk lain ke area jualan sudah disampaikan APKIL ke pihak pengelola Terminal Wonosari. Aspirasi tersebut diterima dan hendak direalisasikan pada 2024 mendatang.

Advertisement

Salah satu pengurus APKIL Terminal Wonosari, Mega Sari, warga Mijahan, Kapanewon Semanu menjelaskan selain akses juga perlu mengadakan event untuk menarik pembeli di area jualannya. “Kalau ada event itu ramai, seperti kemarin ada pentas jatilan semua pedagang buka jualan dan hasilnya juga lumayan,” katanya, Selasa (5/12/2023).

Mega menjelaskan kini hanya ia dan seorang PKL lain yang berjualan tiap hari di Terminal Wonosari. “Total PKL di sini ada 50 tapi yang tiap hari buka Cuma dua, saya dan Pak Joyo, sebenarnya ini juga perlu kesabaran karena memang baru juga area jualan ini,” ungkapnya.

BACA JUGA: Puluhan Guguran Lava Masih Terjadi di Gunung Merapi, Mengarah ke 2 Sungai Ini

Taman Kuliner Terminal Wonosari, jelas Mega, belum lama dibangun di mana resminya PKL berjualan pada Maret kemarin. “Saya masih tiap hari jualan juga karena sabar, sekarang sudah ada pelanggan sendiri dari pegawai pengelola terminal, tapi kalau pengunjung memang sedikit yang beli,” terangnya.

Mega menyebut sepinya pembeli dari pengunjung Terminal Wonosari, Gunungkidul memang perlu menambah akses jalan. “Rencananya kami usul ada jalan lain dari luar ke sini, tidak hanya satu pintu yang bagian depan itu saja,” ujarnya.

Sementara itu Pengawas Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Dhaksinarga Wonosari Aris Farwanto menyebut sudah menerima masukan dari para PKL taman kuliner di wilayahnya. “Sudah kami tindaklanjuti di mana akan dibuka pintu lain agar pengunjung terminal mudah ke sana, dan agar lebih ramai lagi,” jelasnya, Selasa sore.

Aris menyebut kajian untuk membuka akses baru ke area taman kuliner juga sudah dilakukan. “Kajian ini untuk mendukung rencana itu, agar terminal juga lebih ramai dan tetap nyaman dan aman,” katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement