Advertisement

Puluhan Guguran Lava Masih Terjadi di Gunung Merapi, Mengarah ke 2 Sungai Ini

Catur Dwi Janati
Selasa, 05 Desember 2023 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Puluhan Guguran Lava Masih Terjadi di Gunung Merapi, Mengarah ke 2 Sungai Ini Ilustrasi erupsi Gunung Merapi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Setelah terjadinya empat kali awan panas guguran lava pada Senin (4/12/2023) petang, sejumlah aktivitas vulkanik masih terus terjadi di Gunung Merapi.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santoso menerangkan pengamatan aktivitas Gunung Merapi pada Selasa (5/12/2023) menunjukan adanya sejumlah guguran lava.

Advertisement

Pada periode pukul 00.00 WIB-06.00 WIB, tercatat puluhan guguran lava pijar terjadi di Gunung Merapi. "Teramati 28 kali guguran lava pijar  ke arah barat daya [Kali Bebeng] dengan jarak luncur maksimum 1.600 meter," kata Agus.

Selain mengarah ke Kali Bebeng, satu guguran lava juga terjadi mengarah ke Kali Boyong dengan jarak luncur 1,5 kilometer. "Teramati satu kali guguran lava pijar ke arah selatan (Kali Boyong) dengan jarak luncur 1500 meter," tandasnya.

BACA JUGA: Erupsi, Gunung Marapi Mengeluarkan Batu dan Pasir

Sementara pada rentang waktu pukul 06.00-12.00 WIB ada satu guguran lava yang terpantau terjadi di Gunung Merapi. Jarak luncur guguran lava ini mencapai satu kilometer. "Teramati satu kali guguran lava ke arah barat daya [Kali Bebeng] dengan jarak luncur 1.000 meter," tegasnya.

Di sisi lain, pada pukul 14.00 WIB terjadi hujan di seputar Pos Pengamatan Kaliurang. Tercatat curah hujan yang terjadi mencapai 35 milimeter. Karenanya masyarakat diminta mewaspadai bahaya lahar yang mungkin dapat terjadi. "Waspada bahaya lahar di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dan awan panas guguran di daerah potensi bahaya. Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya yang direkomendasikan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Jadi Kasus Terbanyak di Mahkamah Syariyah di Aceh

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement