Advertisement

Pemenuhan Air Bersih di Selopamioro Butuh Solusi Jangka Panjang

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 06 Desember 2023 - 12:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemenuhan Air Bersih di Selopamioro Butuh Solusi Jangka Panjang Ilustrasi instalasi air bersih / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Beberapa warga Kalurahan Selopamioro saat ini masih mengalami kekurangan air bersih. Meski begitu, bantuan air bersih dari berbagai pihak nilai telah mencukupi kebutuhan air bersih. 

Lurah Kalurahan Selopamioro, Sugeng menyampaikan warga Kalurahan Selopamioro yang berada di dataran tinggi sebagian besar mengalami kekurangan air bersih. Hal ini terjadi karena bencana kekeringan di kawasan tersebut.

Advertisement

Dia menyampaikan warga yang kekurangan air bersih berada di Dusun Kalidadap 1 dan Dusun Kalidadap 2 mencapai 11 RT, sementara di Dusun Srunggo 1, dan Dusun Srunggo 2 mencapai 10 RT. Sehingga diperkirakan warga yang kekurangan air bersih mencapai sekitar 700 Kartu Keluarga (KK).

BACA JUGA: Meski Sudah Hujan, Bantul Bakal Perpanjang Status Darurat Kekeringan Sampai Akhir Tahun 

Dia menyampaikan beberapa pihak antara lain BPBD Kabupaten Bantul, Dinsos DIY, dan beberapa CSR lainnya secara bergiliran telah memberikan bantuan air bersih setiap hari. Karena itu, menurut dia, kebutuhan air bersih saat ini dapat diatasi. 

“Untuk minggu ini [kebutuhan air bersih] sudah bisa teratasi sejak kemarin, karena kira-kira sudah 1,5 bulan kekeringan [terjadi] di Selopamioro,” katanya melalui telepon, Rabu (6/12/2023). 

Dari bantuan air bersih tersebut, setiap KK yang kesulitan air bersih mendapatkan bantuan air bersih sekitar 10 liter per hari. Air bersih tersebut dimanfaatkan warga untuk kebutuhan makan, minum dan MCK. 

Sebelumnya menurut Sugeng, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan (DPMK) Kabupaten Bantul membangun sumur bor di wilayahnya. Namun, beberapa waktu lalu peralatan yang ada dalam sumur bor tersebut mengalami kerusakan, sehingga saat ini tidak dapat berfungsi.

Upaya pengajuan permohonan perbaikan telah dilakukan ke dinas terkait, namun menurut Sugeng, DPMK tahun 2023 masih fokus melakukan pembuatan sumur bor sehingga perbaikan sumur bor tersebut belum dilakukan. 

Sementara saat ini DPMK Kabupaten Bantul tengah membangun sebuah sumur bor di Dusun Kalidadap 2. Diperkirakan sumur bor akan beroperasi dalam waktu dekat. “Sekarang sudah prospektif dibuatkan sumur bor di Kalidadap. Sekarang sudah 2/3 [proses pekerjaan sumur bor] hampir selesai,” ujarnya. 

Dia pun berharap warga memanfaatkan bantuan air bersih yang disalurkan dengan bijak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bertolak ke Melbourne, Jokowi hadiri KTT Asean-Australia

News
| Senin, 04 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement