Advertisement

Alat Rusak, Uji Kendaraan Jenis Bensin di Kulonprogo Sementara Tak Bisa Dilakukan

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 08 Desember 2023 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Alat Rusak, Uji Kendaraan Jenis Bensin di Kulonprogo Sementara Tak Bisa Dilakukan Ilustrasi simulasi pelaksanaan uji kelayakan kendaraan. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo hanya menerima uji kendaraan bermotor untuk kendaraan bermotor wajib uji (KBWU) berjenis bahan bakar minyak (BBM) solar.

Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kulonprogo, Iwan Margani mengatakan pelayanan uji berkala sedang mengalami kendala sehingga tidak bisa memberikan pelayanan seperti biasa.

Advertisement

"Soalnya ada salah satu alat uji kendaraan bermotor sedang dalam perbaikan. Khusus untuk KBWU jenis BBM bensin tidak bisa dilakukan proses pengujian teknis kelaikan kendaraannya," kata Iwan dihubungi, Jumat (8/12/2023).

Iwan mengaku jajarannya siap membuatkan surat rekomendasi menumpang uji kendaraan di luar kabupaten secara gratis. Dia memberi saran agar orang yang mau melakukan uji dapat menumpang ke kabupaten/kota lain di DIY atau di luar DIY.

"Untuk kegiatan menjelang nataru juga akan dilakukan kegiatan ramp check di luar gedung uji PKB kami yaitu menuju komunitas pendukung pariwisata Kulonprogo misalnya di komunitas jeep wisata Nglinggo atau ke pool bus wisata yang berada di Kulonprogo," katanya.

BACA JUGA: Uji Kir 2024 Digratiskan, Pemkab Bantul Terancam Kehilangan Pendapatan Rp1,2 miliar Lebih

Dia menambahkan UPT PKB Dishub dari awal Januari sampai November 2023 telah menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp805,67 juta.

Sementara itu, Kepala Seksi Perparkiran Dishub Kulonprogo, Domingos Soares mengatakan jajarannya akan membuka posko pemantauan di depan gedung Dishub Kulonprogo guna melayani hal-hal terkait perparkiran. "Kalau tugas kami, Dishub, hanya parpir di tepi jalan. Kalau parkir-parki di Kawasan Pariwisata masuk ke tugasnya Dinas Pariwisata," kata Soares.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement