Advertisement

Jelang Nataru, BNNP DIY Intensifkan Razia Narkoba

Newswire
Sabtu, 09 Desember 2023 - 07:37 WIB
Ujang Hasanudin
Jelang Nataru, BNNP DIY Intensifkan Razia Narkoba Narkoba - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Narkotika Nasional DIY akan mengintensifkan razia di seluruh lokasi rawan peredaran narkoba di provinsi ini menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru.

Kepala BNNP DIY, Brigjen Pol Andi Fairan mengatakan razia telah dilakukan dengan menyasar rumah-rumah indekos yang dinilai rawan penyalahgunaan narkoba di DIY.

Advertisement

"Petugas melakukan deteksi penyalahgunaan narkotika dengan menyasar penghuni dari beberapa lokasi kos sasaran," kata dia, dalam keterangannya, Kamis (7/12/2023)

Menurut dia, petugas BNNP DIY pada Jumat (1/12) telah mendatangi dua rumah indekos eksklusif di wilayah Caturtunggal dan Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kemudian melakukan tes urine terhadap para penghuninya.

"Indekos eksklusif tanpa induk semang berpotensi dimanfaatkan untuk penyalahgunaan narkotika sehingga BNNP DIY menggiatkan razia secara masif dan menyeluruh," ujar Andi.

BACA JUGA: BNNP DIY Berhasil Menangkap Pengedar Sabu-Sabu, Operatornya Ada di Salah Satu Lapas Jateng

Kabid Pemberantasan dan Intelijen BNNP DIY Kombes Pol Arief Darmawan menjelaskan dari 50 sampel tes urine yang diambil, petugas mengamankan dua orang penghuni indekos berinisial A dan E karena hasil tes urine menunjukkan hasil positif narkoba.

"Pemeriksaan menggunakan 'rapid test' narkotika memperlihatkan bahwa dua orang tersebut menyalahgunakan methamphetamine dan amphetamine," kata dia.

Berikutnya, Tim Berantas melakukan pemeriksaan lebih lanjut di Kantor BNNP DIY untuk memperdalam hasil penemuan tersebut.

Kegiatan razia jelang tahun baru, kata Arief, merupakan implementasi strategi "hard power approach" yang dilakukan BNNP DIY melalui penegakan hukum dan pemberantasan jaringan serta penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Kegiatan tersebut, diharapkan Arief, dapat menciptakan DIY sebagai wilayah yang bersinar atau bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

"Razia akan terus dilakukan di lokasi seperti karaoke, spa, diskotik, dan tempat tempat rawan narkotika lainnya hingga menjelang Tahun Baru 2024," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Pemerkosaan dan Pelecehan Seksual Jadi Kasus Terbanyak di Mahkamah Syariyah di Aceh

News
| Selasa, 05 Maret 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement