Advertisement

Kemacetan Libur Akhir Tahun Dipetakan, Titik Simpul Berbeda antara Libur Natal dan Tahun Baru

Triyo Handoko
Senin, 11 Desember 2023 - 18:47 WIB
Arief Junianto
Kemacetan Libur Akhir Tahun Dipetakan, Titik Simpul Berbeda antara Libur Natal dan Tahun Baru Ilustrasi kemacetan di ruas jalan pusat perbelanjaan Malioboro. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Langkah antisipasi mengurai kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kota Jogja tengah disiapkan Dinas Perhubungan (Dishub). Pemetaan sedang dilakukan Dishub dengan Polres Jogja dimana sudah dibahas bersama pada Senin (11/12/2023).

Pemetaan sementara titik macet di Kota Jogja saat Natru menyebut saat Natal dan Tahun Baru pusat keramaiannya berbeda. Saat Natal, pusat keramaian yang berpotensi macet akan terjadi di pusat-pusat ekonomi.

Advertisement

Penyebab keramaian saat Natal berada di pusat perekonomian seperti pertokoan modern hingga pasar tradisional, menurut Dishub Jogja, karena karakter hari raya identik dengan tingginya animo masyarakat untuk berbelanja.

“Prediksi kami, titik yang akan ramai dan potensi macet saat Natal itu di Malioboro dan Jl. Solo dimana banyak kawasan pertokoan disana,” kata Sekretaris Dishub Jogja, Golkari Made Yulianto pada Senin siang seusai rapat dengan Polresta Jogja.

Sementara titik ramai saat Tahun Baru 2024, jelas Golkari, berada di kawasan Sumbu Filosofis terutama di Tugu Jogja dan Titik Nol. “Kedua lokasi tersebut memang sudah jadi semacam landmark untuk merayakan tahun baru karena ada pesta kembang api, jadi kemungkinan akan macet saat momen Tahun Baru 2024 di sana,” kata dia.

Pemetaan DIshub Jogja, jelas Golkari, masih akan terus berlangsung dengan membaca situasi terkini dan laporan-laporan yang ada sehingga kemungkinan perubahan dimungkinkan terjadi. “Yang jelas kalau nanti pemetaanya rampung, kami akan sampaikan ke masyarakat luas. Bahkan akan kami bikinkan panduan khusus lalu lintas lengkap rekayasa yang akan dilakukan agar bisa diketahui dan diantisipasi bersama oleh masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA: Tempat Wisata Jadi Simpul Macet saat Liburan, Pemda: Wisatawan Harus Cerdas, Manfaatkan Medsos

Dishub Jogja  akan mulai membangun posko Libur Nataru mulai 23 Desember mendatang, lanjut Golkari, dimana akan lebih banyak menerjunkan petugas di lapangan untuk mengatur lalu lintas. “Nanti bersama Polresta dan OPD lain akan bikin posko Nataru dan secara langsung memperbanyak petugas di lapangan agar lebih terkendali,” ujarnya.

Himbauan Dishub Jogja kepada wisatawan, sambung Golkari, agar tidak memaksakan untuk mengikuti acara Tahun Baru di Titik Nol atau Tugu Jogja. “Karena bagaimanapun kami persiapkan pasti tidak akan tertampung semua, apalagi tahun ini akan lebih banyak wisatawannya. Dengan begitu Pemkot juga sudah menyediakan beberapa titik alternatif untuk merayakan Tahun Baru 2024, seperti di XT Square agar lebih merata ke Jogja bagian selatan,” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konser Kali Kedua di Jakarta, Ed Sheeran Gunakan Music Performer Visa

News
| Senin, 04 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement