Advertisement

Urai Kemacetan Selama Nataru, Dishub Kota Jogja Pantau ATCS di 37 Titik

Alfi Annisa Karin
Rabu, 13 Desember 2023 - 13:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Urai Kemacetan Selama Nataru, Dishub Kota Jogja Pantau ATCS di 37 Titik Ilustrasi command center room pantau ATCS. Harianjogja

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja melakukan sejumlah antisipasi kemacetan pada saat libur natal dan tahun baru. Misalnya, dengan menurunkan sejumlah personil untuk melakukan operasi.

Selain itu, Sekretaris Dishub Kota Jogja Golkari Made Yulianto menuturkan pihaknya juga turut memanfaatkan teknologi dalam mengendalikan lalu lintas. Teknologinya disebut Area Traffic Control System (ATCS). Ini merupakan sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi di suatu kawasan.

Advertisement

BACA JUGA: Melayang di Atas Selokan Mataram, Tol Jogja-Bawen Terapkan Konsep Green Toll Road

Cara kerjanya, dengan mengendalikan durasi lampu apill yang dipantau melalui command center atau CC Room. Tak hanya untuk mengurai lalu lintas, penggunaan ATCS juga memungkinkan kendaraan emergency agar dapat melaju dengan lebih lancar.

"Kalau ada kepadatan kita bisa mengurai tanpa di lokasi, tapi dengan sistem durasi lampu apill nya. Kalau misal panjang, ya kita hijaukan agak lama sehingga dia bisa terkuras," ujar Golkari, Rabu (13/12/2023).

Dia mengatakan, puncak kepadatan pada libur nataru ini diperkirakan terjadi pada 24-31 Desember. Beberapa lokasi yang diperkirakan padat saat momen natal adalah pusat-pusat perbelanjaan dan beberapa lokasi tempat ibadah.

Saat tahun baru kepadatan didominasi terjadi di objek wisata. Terutama di kawasan Malioboro. Untuk itu, Golkari mengimbau masyarakat untuk tak terfokus pada Malioboro. Ini untuk mencegah terjadinya kemacetan.

"Ada keterbatasan daya tampung dan daya dukung nanti berakibat macet, parkir yang tidak pada tempatnya. Masyarakat bisa lebih menyebar," imbaunya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Garuda Indonesia Terbangkan 4.232 Jemaah Calon Haji dari 11 Kloter di Fase Pertama

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement