Advertisement

Dishub Petakan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Rawan Macet selama Nataru

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 18 Desember 2023 - 19:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Dishub Petakan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Rawan Macet selama Nataru Kemacetan, macet. - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul telah memetakan sejumlah jalan rawan kemacetan selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Sementara rekayasa arus lalu lintas telah direncanakan untuk mengurai kemacetan di jalur rawan macet. 

Kepala Dishub Kabupaten Bantul, Singgih Riyadi menyampaikan prediksi pergerakan orang yang masuk ke DIY sekitar 9 juta orang. Sementara prediksi kendaraan yang masuk DIY sekitar 1 juta kendaraan. Dari jumlah tersebut, menurut Singgih sebagian diperkirakan akan memasuki Kabupaten Bantul. 

Advertisement

Dia menyampaikan beberapa jalan yang diperkirakan rawan kemacetan yaitu Jl. Parangtritis, Jl. Wonosari, dan Jalan Wates-Klangon. Sementara pos gabungan juga akan dibentuk di pos TPR Parangtritis. Untuk mengantisipasi kemacetan di ruas jalan tersebut, maka rekayasa lalu lintas akan dilakukan di ruas jalan tersebut. 

Apabila terjadi kemacetan di Jl. Parangtritis pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Bagi pengemudi mengarah ke  Pantai  Parangtritis akan diarahkan dari simpang tiga Pundong di Jl. Parangtritis kiri melalui Gunungpuyuh, hingga berakhir di sisi selatan Jembatan Kretek 1. Sementara bagi pengendara yang akan keluar dari Pantai Parangtritis akan diarahkan melewati  JJLS melalui Jembatan Kretek 2, kemudian ke arah barat melalui Srandakan dan TPR Samas melalui Jalan Bantul. 

“Untuk Jl. Wonosari dan Jalan Wates-Klangon karena bukan jalan kabupaten, maka rekayasa lalu lintas diambil alih Dishub DIY, kami hanya supporting saja di situ,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Senin (18/12/2023).

Baca Juga:

Sambut Libur Akhir Tahun, Begini Skema Rekayasa Lalu Lintas di Simpang Empat Pasar Glagah

Antisipasi Kemacetan Nataru, Polda Siapkan Rekayasa Lalu Lintas hingga Kamera Pamantau

Dishub Bantul Petakan Rekayasa Lalu Lintas Selama Libur Nataru di Jalan Parangtritis

Dia pun memperkirakan puncak kendaraan memasuki DIY pada tanggal 22 Desember 2023, sementara puncak kendaraan keluar dari wilayah DIY yaitu pada 2 Januari 2023. Selama masa libur Nataru tersebut, pihaknya bersama beberapa pihak terkait akan melakukan penjagaan untuk memastikan kelancaran lalu lintas di kawasan  Kabupaten Bantul. 

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana menyampaikan pihaknya akan menurunkan 252 personel untuk berjaga selama libur Nataru 2023. Pihaknya juga akan mendirikan beberapa pos pengamanan (Pospam) selama Nataru. 

“Sementara sementara ini 3 Pospam di Piyungan, Sedayu dan Kretek serta 1 pos terpadu di Druwo,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tetangga Sebut Polisi yang Ditemukan Tewas dengan Luka Tembak Adalah Orang baik dan Suka Bergaul

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement