Advertisement

Pemkot Jogja Jamin Stok Bahan Pokok Aman Jelang Nataru

Alfi Annisa Karin
Rabu, 20 Desember 2023 - 16:17 WIB
Ujang Hasanudin
Pemkot Jogja Jamin Stok Bahan Pokok Aman Jelang Nataru Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo tengah meninjau ketersediaan dan harga bahan pokok di salah satu distributor di Jalan KH Ahmad Dahlan, Ngampilan, Rabu (20/12) - Harianjogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo meninjau langsung ketersediaan kebutuhan pokok di salah satu distributor yang berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan, Ngampilan, Rabu (20/12). Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan stok dan harga bahan pokok menjelang libur panjang natal dan tahun baru.

Singgih menyebut ketersediaan bahan pokok terbilang aman. Mulai dari beras, minyak goreng, terigu, hingga gula pasir. Harga juga terkendali. Namun, ada komoditas yang harganya sedikit naik, misalnya minyak goreng.

Advertisement

"Ini jumlah yang besar kalau di sini, tidak jual eceran. Kita akan pastikan di pasaran. Kalau memang nanti diperlukan operasi pasar untuk menyeimbangkan harga pasar dan stok, akan kita lakukan segera," ujar Singgih saat ditemui, Rabu (20/12).

Singgih mengatakan wisatawan sudah mulai berdatangan ke Kota Jogja beberapa hari terakhir. Permintaan kebutuhan pokok di pasaran menjelang libur nataru ini juga terpantau telah mengalami kenaikan. Namun, jumlahnya belumlah signifikan.

"Kita kolaborasi dengan Bulog. Ini juga memastikan untuk ketersediaan stok dan harga terkendali dengan baik," imbuhnya.

BACA JUGA: Pemda DIY Memastikan Stok Pangan Cukup di Masa Libur Nataru

Salah satu karyawan distributor, Anis mengatakan harga minyak goreng Minyakita kini dibanderol dengan harga Rp160 ribu per dus berisi 12 liter. Harga ini naik perlahan dari harga semula Rp151 ribu dan naik lagi di harga Rp 156 ribu hingga mencapai Rp 160 ribu.

"Kenaikan harga karena barangnya susah," kata Anis.

Dia menambahkan, di sisi lain komoditas gula pasir justru mengalami penurunan harga. Semula dibanderol dengan harga Rp 800 ribu per 50 kg, kini turun menjadi Rp Rp 747 ribu per 50 kg.

"Kalau untuk terigu harganya stabil. Terigu Bogasari Rp 214 ribu per 25 kg," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tingkatkan Daya Saing Daerah Menuju Indonesia Emas 2045, Apkasi Gelar Anugerah Jurnalistik 2024

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement