Advertisement

Dies Natalis ke-68, USD Tetap Cerdas dan Humanis Menguatkan Nusantara

Media Digital
Jum'at, 22 Desember 2023 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Dies Natalis ke-68, USD Tetap Cerdas dan Humanis Menguatkan Nusantara Prosesi penyerahan pengharagaan kepada insan akademik di USD dalam acara puncak Dies Natalis ke-68 di Auditorium Driyakarya. Jumat (22/12/2023). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Sanata Dharma (USD) menggelar Puncak Dies Natalis ke-68 di Auditorium Driyakarya, Jumat (22/12/2023). Tema perayaan tahun ini Merayakan dan Menguatkan Nusantara: Keragaman Harmoni dan Karya Bersama.

Dalam Dies Natalis ini juga digelar pembacaan pidato ilmiah oleh Dionisius Bismoko Mahamboro dengan judul Merayakan dan Menguatkan ke-Indonesiaan Berpolitik lewat Sains, Kebudayaan dan Humaniora. Ia menjelaskan, Dies Natalis tahun ini bertepatan dengan peringatan 25 tahun reformasi.

Advertisement

Tema merawat ke-Indoensiaan dipilih karena mlihat dinamika perpolitikan nasional yang terjadi pada saat ini. Gerakan reformasi yang dilaksanakan di 1998 untuk menumbangkan rezim yang serahkan dan otoriter. Diharapkan dengan tumbangnya orde baru maka ada tatantan yang lebih baik tanpa praktik KKN.

Meski demikian, ia mengakui kondisi saat ini ada elit yang berupaya mempertahankan kekuasan dengan berbagai cara. “Saya menganalogikan praktik keserakahan dengan hewan Celeng [Babi Hutan]. Hewan ini dinilai rakus dan suka merusak pertanian milik petani,” kata Bismoko dalam pidatonya.

Menurut dia, keserakahan sudah menjadi penyakit dan cenderung dibiarkan karena telah merasuk ke semua lini di Masyarakat. Meski demikian, ia masih optimistis fenomena keserakahan ini bisa dicegah, salah satunya melalui keutamaan publik melalui persabahatan warga yang memiliki komitmen bersama untuk memperjuangkan kesejahteraan. “Kuncinya adalah cerdas dan humanis. Ini sesuai dengan visi misi yang dimiliki USD,” katanya.

Bendahara Yayasan Sanata Dharma, Albertus Hartana mengatakan, sesuai dengan visi misi yang dimiliki kampus, USD berkomitmen untuk memajukan Pendidikan di Indonesia. Yakni dengan motto memadukan keunggulan akademi dan nilai-nilai kemanusiaan. “Kami juga siap memperkuat Pendidikan di Kawasan Ibukota Negara (IKN) karena sudah memiliki aset di ring dua [IKN] dan Balikpapan,” katanya.

Menurut dia, didalam peringatan Dies Natalis menjadi refleksi untuk bersungguh-sungguh menjadi pembela kebenaran. Salah satunya dengan menghormati dan menghargai nilai keberagaman. “Kaum intelektual haru menjadi pembela kebenaran untuk menghentikan ketidakadilan,” katanya.

BACA JUGA: Pameran Sanata Dharma Tempo Doeloe dan Kini

Rektor USD, Albertus Bagus Laksana mengatakan, didalam perayaan dies natalis ini mengajak seluruh insan di USD untuk bersyukur atas segara Rahmat dari Tuhan. Atas kerja keras dan kerja sama yang terjalin dapat membawa universitas pada pertumbuhan, kreativitas dan kepedulian.

“Kita mohon berkah Tuhan untuk rencana di 2024, Dimana fakultas-fakultas mulai menyiapkan rencana strategis. Peningkatan kualitas dan keunggulan prodi-prodi menjadi salah satu fokus yang penting dan untuk dicapai secara bersama-sama,” katanya.

Di kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada yenaga pendidik berprestasi maupun para pegawai yang telah berdidaksi dalam upaya pengembangan universitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Ada 29 Perusahaan Singapura Berinvestasi di IKN

News
| Senin, 29 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement