Advertisement

Belasan Warga Kulonprogo Positif Covid-19, Dinkes Minta Kewaspadaan Ditingkatkan

Triyo Handoko
Jum'at, 22 Desember 2023 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Belasan Warga Kulonprogo Positif Covid-19, Dinkes Minta Kewaspadaan Ditingkatkan Ilustrasi Covid/19. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tren peningkatan Covid-19 terjadi di Kulonprogo. Selama Desember ini ada 14 orang yang dinyatakan positif Covid-19. Bahkan dua orang di antaranya sempat dirawat inap di RSUD Wates.

Meskipun meningkat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo menyebut Covid-18 di Bumi Binangun masih terkendali dengan baik. “Peningkatan [kasus] ada tetapi tertangani dengan baik, yang dua orang diopname juga sudah dipulangkan dan pulih kembali,” kata Kepala Dinkes Kulonprogo Sri Budi Utami, Jumat (22/12/2023).

Advertisement

Penanganan Covid-19 juga sudah ditingkatkan untuk mengantisipasi tren kenaikan, jelas Budi, dengan menggunakan RSUD Wates. “Karena RSUD Wates ini cukup luas maka perawatan terpusat di sana, ruang isolasi juga tersedia, jadi tidak perlu khawatir,” ungkapnya.

Budi menyebut tak ada keterpusatan asal 14 orang yang dinyatakan positif Covid-19 itu. “Tidak terpusat, tidak spesifik di kapanewon mana begitu. Semuanya juga sudah tertangani dengan baik,” tuturnya.

BACA JUGA: Lonjakan Kasus Covid-19, Dinkes Bantul Wajibkan Rumah Sakit Sisakan Kapasistas 10 Persen

Selain dua orang yang rawat inap, 12 orang lain hanya mengalami gejala ringan sehingga perawatan jalan yang dilakukan. “Kami minta masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan tetap tenang, perlu untuk menerapkan protokol kesehatan lagi, terutama gerakan masyarakat sehat dengan rutin cuci tangan karena itu juga langkah antisipasi terhindar penyakit apapun,” ungkapnya.

Budi juga meminta agar masyarakat luas menggunakan masker terutama jika berpergian di tempat ramai. “Langkah antisipasi dengan edukasi sudah kami lakukan lagi dengan menggerakan petugas-petugas kesehatan yang ada dan para kader untuk meningkatkan kewaspadaan lagi,” jelasnya.

Sementara terkait dengan vaksinasi Covid-19, lanjut Budi, sudah cukup merata tapi bila ada yang belum dipersilahkan langsung mengakses ke fasilitas kesehatan terdekat. “Untuk vaksinasi massal lagi belum ada agendanya karena keterbatasan vaksin juga, bagi yang belum terutama yang lansia akan kami prioritaskan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tidak Hadir dalam Sidang Sengketa Pileg, 2 Pemohon Dianggap MK Tidak Serius

News
| Senin, 29 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement