Advertisement

Libur Natal 2023, Penjualan Pedagang Teras Malioboro 2 Meningkat

Lugas Subarkah
Selasa, 26 Desember 2023 - 21:47 WIB
Sunartono
Libur Natal 2023, Penjualan Pedagang Teras Malioboro 2 Meningkat Sejumlah pengunjung Malioboro mendatangi Teras Malioboro 2, Selasa (26/12/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Libur natal kali ini menjadi rezeki bagi pedagang di Teras Malioboro. Pasalnya setelah lama sepi di hari biasa, liburan ini bisa meningkatkan penjualan para pedagang, meski masih jauh dari yang diharapkan.

Suasana Teras Malioboro 2 siang itu, Selasa (26/12/2023) cukup ramai oleh pengunjung. Para pedagang juga mengaku mendapat tambahan penjualan selama libur natal ini dibanding pada hari biasa, yang dikeluhkan sangat sepi.

Advertisement

BACA JUGA : Pedagang Kaki Lima Teras Malioboro 2 Demo, Sultan: Yang Penting Tidak Bangkrut

Salah satu pedagang batik, Giyono, menjelaskan jika pada hari biasa, rata-rata dagangannya terjual sekitar Rp200.000, pada momen libur natal ini bisa sampai dua kali lipat. Meski demikian, jumlah ini menurutnya masih jauh dari harapan.

“Ada liburan ini ya mending, tapi ya tidak seperti yang kita harapkan. Yang penting ada aja. Hari biasa rata-rata paling Rp200.000, sekitar itu. Susah sekarang. Beda dari sebelum relokasi dulu. Nataru ini kalau saya pribadi paling dua kali lipat,” katanya.

Puncak penjualan menurutnya terjadi pada Sabtu-Minggu (23-24/12/2023) meski pada Selasa (26/12/2023) sudah menurun. Adapun barang yang dijual Giyono masih sangat terjangkau, yakni kebanyakan seharga Rp100.000 dapat tiga.

Pedagang lain, Yoga, menjual tas rajut. Ia juga mengakui nataru ini memang ada peningkatan, namun kurang signifikan. “Kalau nataru ini pembeli itu ada [peningkatan], kalau hari biasa ya tidak seperti ini. Lumayan lah,” kata dia.

BACA JUGA : Pengin Balik Lagi ke Area Pedestrian, Pedagang Teras Malioboro Gelar Demo di Kepatihan

Menurutnya, lokasi pedagang juga mempengaruhi peningkatan penjualan. Pedagang yang berlokasi di belakang biasanya sangat sedikit peningkatannya. “Di sini udah ada tapi belum banyak,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan NasDem Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Anies Bilang Begini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement