Advertisement

Libur Nataru, Kunjungan ke Pantai Parangtritis Justru Beringsut Turun

Jumali
Selasa, 26 Desember 2023 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Libur Nataru, Kunjungan ke Pantai Parangtritis Justru Beringsut Turun Suasana TPR Parangtritis pada Selasa (26/12/2023) siang. - Harian Jogja/Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul membuka tiga  jalur masuk di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis, Selasa (26/12/2023) siang. Langkah itu dilakukan untuk mengurangi antrean kendaraan bermotor yang memadati TPR tersebut.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, Selasa siang, puluhan kendaraan bermotor yang didominasi pelat nomor luar DIY tampak mengantre di TPR Parangtritis. Meski demikian, arus lalu lintas di TPR Parangtritis ramai lancar.

Advertisement

Selain petugas, polisi juga mengarahkan kendaraan wisatawan untuk masuk ke jalur-jalur yang sudah ditentukan. Ada tiga jalur di TPR yang dibuka, satu di antaranya untuk motor masuk dari sisi paling timur TPR. Sedangkan satu jalur lainnya,  untuk arus balik dari Pantai Parangtritis.

Koordinator TPR Parangtritis, Rokhmad Ridwanto mengungkapkan dibukanya tiga jalur di TPR Parangtritis untuk antisipasi antrean kendaraan. Sebab, semakin sore, arus lalu lintas ke Pantai Parangtritis semakin padat. "Untuk itu kami buka tiga jalur. Kalau kemarin, kami buka empat jalur. Kami sesuaikan dengan situasi," katanya ditemui di TPR Parangtritis, Selasa (26/12/2023).

Sementara hingga Selasa sampai pukul 13.48 WIB, ada sebanyak 6.080 pengunjung yang masuk via TPR Parangtriris. Jumlah itu lebih sedikit dibandingkan Senin (25/12/2023) diwaktu yang sama yang mencapai 9.900 pengunjung. "Memang ada penurunan dibandingkan kemarin dan Minggu [24/12/2023]. Minggu jumlah pengunjung sampai pukul 19.00 WIB bisa mencapai 21.000 pengunjung," lanjut Rokhmad.

BACA JUGA: 16.000 Wisatawan Kunjungi Pantai Parangtritis Hari Ini, 4 Jalur TPR Dibuka Semua

Sementara itu, Kepala Dispar Bantul, Kwintarto Heru Prabowo membenarkan bahwa ada penurunan jumlah pengunjung pada Selasa jika dibandingkan dengan Senin dan Minggu.

Pada Senin, kata dia, tercatat ada 23.755 pengunjung untuk semua destinasi yang dikelola Dispar Bantul. Sementara pada Minggu sebanyak 36.265 pengunjung untuk semua destinasi. "Puncaknya memang hari Minggu. Untuk saat ini kondisi lancar kondisi lalu lintas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement