Advertisement

Tanah Longsor di Kulonprogo Seret Mobil & Rusak Rumah, Belasan Orang Mengungsi

Triyo Handoko
Kamis, 04 Januari 2024 - 19:12 WIB
Budi Cahyana
Tanah Longsor di Kulonprogo Seret Mobil & Rusak Rumah, Belasan Orang Mengungsi Tanah longsor yang menerjang Kalurahan Gerbosari, Samigaluh, Kulonprogo, menyeret mobil, merusak rumah, dan menyebabkan 16 orang mengungsi pada Kamis (4/1/2023). - Ist/Kapanewon Samigaluh

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tanah longsor menyeret mobil dan merusak rumah di Samigaluh, Kulonprogo, Kamis (4/1/2024). Sedikitnya 16 orang terpaksa mengungsi.

Tanah di Kalurahan Gerbosari, Samigaluh, longsor pada pukul 15.30 WIB akibat hujan deras dalam durasi yang lama. “Air masuk dalam bangunan bangket sehingga bangket ambrol menimpa rumah," kata Panewu Samigaluh, Suryantoro, dalam keterangan tertulis pada Kamis sore.

Advertisement

Tanah longsor mengenai rumah warga Pedukuhan Clumprit, Gerbosari. Selain itu, terdapat mobil warga yang terseret longsoran. “Rumah Bapak Sabar dan mobil milik Pak Edi,” ungkapnya.

BACA JUGA: 5 Mobil Tertimpa Kanopi Stasiun Tugu Jogja Saat Hujan Deras, Begini Penjelasan KAI

Evakuasi sudah dilakukan. Lokasi juga sudah diamankan dengan menutup akses agar tidak menyebabkan korban lainnya. Hujan deras akibat cuaca ekstrem ini juga menyebabkan kejadian pohon tumbang di Kalurahan Purwoharjo, Samigaluh.

Pohon tumbang di Purwoharjo itu menyebabkan jalan terputus. “Kami menutup sementara akses dengan memberikan rambu penutup,” terang Panewu Samigaluh.

Suryantoro menyebut bencana akibat cuaca ekstrem baru terdata di dua kalurahan tersebut. "Kantor Kapanewon Samigaluh kami jadikan posko sementara,” ujarnya.

BACA JUGA: Ditiup Angin Kencang, Tempat Pengolahan Tembakau Gadis Kretek Ambruk, Kerugian Ratusan Juta

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo Taufik Prihadi sudah menyiapkan dukungan logistik yang akan dikirim hari ini juga. Bantuan tersebut antara lain terpal sebanyak enam buah, beras seberat lima kilogram, family kit untuk tujuh keluarga, mi instan sebanyak lima dus, karung sebanyak 100 buah, dan paket logistik lainnya ada 10 pak.

“Alat berat juga baru kami upayakan di lokasi kejadian,” kata Taufik dalam keterangan tertulis, Kamis sore.

Pendataan dampak tanah longsor di Samigaluh, juga masih dilakukan. Terdapat berbagai unsur yang terlibat, seperti polsek, koramil, sukarelawan, dan perangkat kalurahan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Wacanakan Pembubaran Sejumlah Lembaga Negara, Demi Efisien Jalannya Pemerintahan

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Unik, Ada Lampu Bangjo Khusus Unta di Tengah Gurun Pasir

Wisata
| Sabtu, 11 Mei 2024, 18:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement