Advertisement

Ular Piton 2 Meter Melilit di Motor Warga, Begini Penampakannya

Lugas Subarkah
Sabtu, 06 Januari 2024 - 12:17 WIB
Ujang Hasanudin
Ular Piton 2 Meter Melilit di Motor Warga, Begini Penampakannya Ular piton melilit di sebuah motor milik warga di Prenggan, Kotagede, Sabtu (6/1/2023) pagi - ist / Damkarmat Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pemadam Kebakaran Penyelamatan (Damkarmat) Kota Jogja mengevakuasi ular piton yang melilit di sebuah motor di Jalan Ngeksigondo, Prenggan, Kotagede, Sabtu (6/1/2024). Ular memasuki permukiman diperkirakan semakin banyak memasuki puncak musim penghujan.

Kepala Dinas Damkarmat, Taokhid, menjelaskan laporan didapatkan petugas Damkarmat Kota Jogja sekitar pukul 04.00 WIB. “Dari warga yang bertempat tinggal di Jl Ngeksigondo, Prenggan, Kotagede yang melihat ular besar melilit sepeda motor,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Advertisement

Diperkirakan ular memasuki rumah pada malam setelah hujan lebat dan ingin bersembunyi pada rongga sepeda motor. Khawatir ular akan membahayakan, warga menghubungi Damkarmat Kota Jogja untuk mengevakuasi ular tersebut.

Satu regu petugas Damkarmat Kota Jogja langsung terjun untuk melakukan evakuasi ular. Dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk petugas dapat melepaskan lilitan ular ke sepeda motor dan menangkapnya. “Setelah ditangkap, ular sepanjang sekitar dua meter tersebut diamankan petugas Damkarmat Kota Jogja,” kata dia.

Memasuki awal tahun, ia mengimbau warga mewaspadai ular yang memasuki rumah. Pada tahun 2023, ada sebanyak 87 evakuasi ular yang dilakukan petugas Damkarmat Kota Jogja. Dari tren statistik kejadian, jumlah evakuasi meningkat di awal tahun hingga tiga bulan selanjutnya saat puncak penghujan.

BACA JUGA: Ngeri! Puluhan Ular Masuk Perumahan Warga Gunungkidul

Jenis-jenis ular yang dievakuasi merupakan ular-ular yang sering ditemui di pemukiman, seperti ular cicak, ular koros, dan ular gadung. Dalam bulan ini ternyata juga terdapat ular piton berukuran sedang dan besar yang ditemukan.

“Diduga, ular-ular yang lebih sering berhabitat di sungai atau gorong-gorong masuk ke pemukiman saat hujan lebat dan sarangnya tergenang. Kami menghimbau masyarakat untuk  waspada terhadap masuknya hewan liar yang tidak diinginkan ke rumah pada awal musim penghujan ini,” ungkapnya.

Untuk menghindari masuknya ular ke rumah, kita perlu selalu menjaga kebersihan rumah dari barang-barang berserakan yang bisa jadi tempat bersembunyi ular, bisa juga dengan memberi aroma wangi di tempat masuk rumah yang tidak disukai ular.

“Jika tidak yakin tentang jenis ular yang dihadapi, ada baiknya tetap berhati-hati dan bisa menghubungi Damkarmat Jogja. Petugas Damkarmat sudah terlatih dan memiliki perlatan khusus untuk keselamatan dalam pemadaman kebakaran maupun penyelamatan lainnya seperti evakuasi ular,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement