Advertisement

Tak Usah Bingung Cetak Dokumen Kependudukan di Jogja, Bisa lewat Mesin ADM, Ini Lokasinya

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 12 Januari 2024 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Tak Usah Bingung Cetak Dokumen Kependudukan di Jogja, Bisa lewat Mesin ADM, Ini Lokasinya Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo tengah menjajal mesin ADM di Kemantren Jetis, Jumat (12/1). - Harian Jogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masyarakat tak perlu lagi repot-repot datang ke Kantor Dinas Dukcapil untuk mencetak berbagai kartu kependudukan, seperti Kartu Keluarga, KIA, dan berbagai dokumen kependudukan lainnya. Kini semua bisa dilakukan secara praktis, mudah, dan mandiri dengan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), salah satunya yang ada di Kantor Kemantren Jetis.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Jogja berupaya memudahkan dan mendekatkan layanan kependudukan di tengah masyarakat.

Advertisement

Kepala Dinas Dukcapil Kota Jogja Septi Sri Rejeki menuturkan kini setidaknya ada empat mesin ADM yang tersebar di Kota Jogja. Selain di Kemantren Jetis, mesin ADM lainnya ada di Kemantren Mergangsan, Mal Pelayanan Publik, dan Kantor Dinas Dukcapil Kota Jogja.

Ke depan, akan ada tambahan empat mesin ADM. Rencananya, dua mesin akan diletakkan di Kemantren Wirobrajan dan Danurejan.

Hal ini lantaran kedua kemantren tersebut memiliki capaian aktivasi identitas kependudukan digital (IKD) tertinggi dibanding kemantren lain. IKD memang wajib dimiliki oleh masyarakat yang akan menggunakan mesin ADM.

Kemudian, dua mesin lainnya akan diletakkan di UPT Pasar Pasthy dan di Taman Pintar. "Alhamdulillah nanti ada delapan ADM. Harapan kami masyarakat akan lebih leluasa mencetak kapan pun, hari libur bisa, sehingga masyarakat bisa mempunyai dokumen kependudukan dengan mencetak mandiri dengan ADM," kata Septi saat ditemui di Kantor Kemantren Jetis, Jumat (12/1/2024).

Septi menjelaskan sejauh ini mesin ADM yang ada di Kemantren Jetis mampu mencetak hingga 248 lembar dokumen setiap bulan. Atau rata-rata 9 dokumen dicetak di ADM setiap harinya. Dokumen yang paling banyak dicetak adalah Kartu Keluarga (KK). Ini lantaran KK merupakan dokumen yang paling kerap dilakukan pembaharuan. "Rata-rata di semua ADM tertinggi cetak KK dan Akta Kelahiran," imbuhnya.

BACA JUGA: Capaian Perekaman KTP Digital di Gunungkidul Baru Mencapai 25 Persen

Disdukcapil terus mengejar capaian aktivasi IKD di Kota Jogja. Hingga saat ini, capaian aktivasi IKD telah mencapai 11 persen dari total masyarakat Kota Jogja yang telah wajib ber-KTP elektronik. Berbagai upaya percepatan dilakukan. Misalnya, dengan melakukan langkah jemput bola. Setiap masyarakat yang mengakses layanan kependudukan juga diminta untuk melakukan aktivasi IKD. "Targetnya tahun ini capaian aktivasi IKD mampu menyentuh 25 persen," kata Septi.

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo mengatakan mesin ADM menjadi salah satu fasilitas untuk melakukan percepatan layanan kependudukan. Operasional atau jam kerja kantor dinas dan kemantren belum mampu mewadahi semua kebutuhan masyarakat. Sehingga mesin ADM ini akan memberikan kemudahan lantaran bisa diakses kapan pun, bahkan saat malam hari atau hari libur sekalipun. "Nanti tentunya akan kita tambah lagi sesuai dengan animo masyarakat yang menggunakan IKD. Kebutuhan-kebuthhan mereka akan kita penuhi dengan ADM," kata Singgih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Arab Saudi Tangkap Warganya yang Bicarakan Perang Hamas-Israel di Media Sosial

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement