Advertisement

Tahun Ini Pemkot Jogja Akan Tambah ATCS Di 2 Titik Persimpangan

Lugas Subarkah
Kamis, 18 Januari 2024 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Tahun Ini Pemkot Jogja Akan Tambah ATCS Di 2 Titik Persimpangan Petugas memantau ATCS dari kantor Dinas Perhubungan Kota Jogja, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja bakal menambah jumlah Area Traffic Control System (ATCS) pada tahun ini. ATCS dinilai memudahkan pengaturan lalu lintas dan durasi lampu Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) di simpang jalan.

Pelaksana Tugas Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja, Hary Purwanto menjelaskan untuk mengatur kelancaran lalu lintas, pihaknya sudah menggunakan perangkat teknologi ATCS. Dia menargetkan setiap persimpangan besar di Kota Jogja dilengkapi dengan ATCS.

Advertisement

“Semua simpang, target kami akan dilengkapi dengan perangkat ATCS. Setiap tahun kami sesuaikan dengan kemampuan anggaran. Untuk tahun ini, kami akan tambahkan ATCS di dua simpang,” ujarnya, Kamis (18/1/2024).

Dia menjelaskan saat ini penambahan ATCS di dua simpang itu masih dikaji lokasinya. Setidaknya ada sekitar empat titik simpang APILL yang cukup krusial membutuhkan ATCS, yaitu simpang empat Tegalgendu, simpang empat Wirosaban, simpang empat Baciro dan simpang tiga Glagahsari.

Tingkat kepadatan lalu lintas di keempat simpang APILL itu cukup tinggi. Misalnya di simpang empat Tegalgendu, saat jam-jam sibuk di pagi dan sore hari antrean kendaraan sangat panjang. “Ini nanti coba akan kami lihat dari segi prioritas dan terkait daya dukung perangkat di sekitarnya. Nanti [simpang] mana yang akan kami tentukan,” paparnya.

Dia berharap penambahan ATCS itu dapat terealisasi pada triwulan III/2024. Pasalnya ada proses tahapan pengadaan ATCS dahulu yang diperkirakan pada triwulan satu sampai dua tahun ini.

Menurutnya keberadaan ATCS itu cukup efektif untuk mengatur lalu lintas dan durasi lampu APILL karena tidak perlu menggunakan banyak personel yang harus ke lapangan.

BACA JUGA: Urai Kemacetan Selama Nataru, Dishub Kota Jogja Pantau ATCS di 37 Titik

Semua pengaturan APILL terutama durasi lampu merah dan hijau bisa diatur dari ruang kontrol ATCS di Kantor Dinas Perhubungan Kota Jogja, dengan waktu pengaturan lebih cepat. Selain itu ATCS dilengkapi dengan kamera CCTV untuk memantau kondisi lalu lintas di persimpangan.

Dari 58 simpang dengan APILL di Kota Jogja, saat ini sudah ada 38 titik atau sekitar 75% yang telah dilengkapi ATCS. Khusus di simpang empat Pingit, selain ATCS juga dilengkapi sistem detektor untuk memudahkan pengaturan lampu APILL. “Mengingat simpang Pingit adalah akses keluar masuk ke wilayah kota sehingga lalu lintas cukup padat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cegah Tawuran, Polisi Bubarkan Pemuda Nongkrong

News
| Minggu, 28 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement