Advertisement

UGM Umumkan Kuota Mahasiswa Baru 2024, Terbanyak Jalur Mandiri, Ini Detailnya

Catur Dwi Janati
Kamis, 18 Januari 2024 - 18:52 WIB
Budi Cahyana
UGM Umumkan Kuota Mahasiswa Baru 2024, Terbanyak Jalur Mandiri, Ini Detailnya Ilustrasi mahasiswa UGM. - Ist/UGM

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Universitas Gadjah Mada (UGM) resmi mengumumkan daya tampung mahasiswa baru yang bakal diterima tahun ini. Dari 10.000 lebih kursi untuk mahasiswa baru, kuota paling banyak berasal dari Seleksi Mandiri.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran UGM, Prof. Wening Udasmoro, mengungkapkan tahun ini UGM akan membuka kuota untuk 10.372 mahasiswa baru pada program sarjana dan sarjana terapan tahun akademik 2024/2025. Kuota tersebut terdiri dari 9.362 untuk kelas reguler dan 1.010 untuk kelas internasional (international undergraduate program).

Advertisement

"Tahun ini UGM akan menerima 10.372 calon mahasiswa baru," kata dia, pada Kamis (18/1/2024).

BACA JUGA: Jumlah Mahasiswa Baru PTS di Jogja Terus Menurun, Aptisi Duga karena Kapal Keruk PTN

Kuota 9.362 mahasiswa baru pada kelas reguler akan terbagi dalam tiga jalur seleksi. Jalur tersebut meliputi Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) sebanyak 30 persen, Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 30 persen dan dan Seleksi Mandiri dengan porsi 40 persen.

Rinciannya, daya tampung jalur SNBP sebanyak 2.821 orang, SNBT 2,821 orang, dan Seleksi Mandiri 3.720 orang. Khusus untuk jalur Seleksi Mandiri, UGM akan menyelengarakan dua kali yakni untuk Ujian Masuk UGM Penelusuran Bibit Unggul (UM UGM PBU) dan UM UGM Computer Based Test (CBT). 

"Untuk PBU ada tiga, yaitu Penelusuran Bibit Unggul Tidak mampu (PBUTM), Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) serta jalur Penelusuran Bibit Unggul Afirmasi dan Daerah 3T Tridharma UGM," jelasnya.

Jalur PBUTM merupakan salah satu jalur masuk UGM untuk calon mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi. Sementara jalur PBUB diperuntukkan bagi siswa pemenang atau juara lomba di bidang olahraga, seni, dan ilmu pengetahuan serta teknologi. Jalur PBU Afirmasi dan Daerah 3T merupakan jalur seleksi bagi calon mahasiswa berprestasi  yang berasal dari daerah afirmasi dan daerah tertinggal, terdepan atau terluar (3T) yang menjadi wilayah kegiatan Tridharma UGM.

Seleksi PBUB UGM adalah jalur yang diperuntukan bagi siswa yang memiliki prestasi di tingkat internasional, nasional dan provinsi dalam kompetisi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, bidang olahraga dan seni.

Sebelumnya, Sekretaris UGM Andi Sandi menjelaskan pendaftar yang telah diterima pada jalur seleksi nasional prestasi ataupun selesai nasional berdasarkan tes akan dikunci. Pendaftar tidak dapat mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN) mana pun.

BACA JUGA: Cek Biaya Kuliah Kampus Swasta dan Negeri di Jogja

"Kalau dia sudah diterima di situ, di pendaftaran berikutnya dia tidak bisa mendaftar di mana pun. Jadi itu sudah dikunci. Umpamanya dia diterima di UGM lewat jalur berbasis tes, terus dia mau daftar lagi di PTN yang lain enggak bisa," jelasnya.

Skema ini akan menutup ruang bagi peserta yang tidak serius atau asal-asalan memilih untuk mendaftar ke kampus negeri kembali.

"Menutup kemungkinan orang yang membuang-buang jatah," ungkapnya.

Di sisi lain, tiap tahun paling sedikit lima persen peserta yang sudah diterima tidak melakukan registrasi di UGM. "Karena sudah diterima di tempat lain," ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Eco-Enzyme, Atasi Sampah Hasilkan Rupiah

Eco-Enzyme, Atasi Sampah Hasilkan Rupiah

Jogjapolitan | 35 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement