Advertisement

Pemkab Sleman Klaim Kekurangan 17.000 Pegawai

David Kurniawan
Jum'at, 19 Januari 2024 - 12:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pemkab Sleman Klaim Kekurangan 17.000 Pegawai Ilustrasi PNS / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman memastikan jumlah pegawai yang dimiliki saat ini masih jauh dari ideal. Hal itu terlihat dari hasil analisa jabatan dan beban kerja yang masih membutuhkan tambahan pegawai sebanyak 17.000 orang.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman, Budi Pramono mengatakan hingga sekarang jumlah aparatur sipil negara (ASN) di Sleman yang terdiri dari PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sekitar 9.000 orang. Jumlah ini dinilai belum ideal karena berdasarkan kajian melalui analisa jabatan dan beban kerja masih kekurangan banyak pegawai.

Advertisement

Ia tidak menampik mengacu dari kajian ini kekurangannya mencapai sekitar 17.000 pegawai. “Memang kurang banyak, tapi untuk penambahan tidak serta merta bisa langsung diisi,” kata Pramono kepada wartawan, Jumat (19/1/2024).

Dia menjelaskan jumlah ini merupakan akumulasi kebutuhan pegawai di setiap tingkatan yang ada di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Sleman. Di sisi lain, angka tersebut juga merupakan proyeksi untuk lima tahun ke depan.

“Kalau idealnya memang 17.000 jenjang jabatan ini terisi semua. Tapi, tidak mungkin langsung diisi karena semua butuh proses mulai dari penambahan hingga kenaikan jabatan bagi pegawai yang ada,” katanya.

Baca Juga

Pengadaan ASN 2024, Pemda DIY Merinci Kebutuhan Pegawai

Pemkab Bantul Masih Kekurangan 2.000 ASN

Meski Kekurangan Pegawai, Gunungkidul Dilarang Rekrutmen THL

Menurut dia, upaya penambahan pegawai tetap dilakukan setiap tahunnya. Selain berdasarkan Keputusan dari Pembina kepegawaian, formasi penambahan juga bergantung ketetapan dari Pemerintah Pusat.

“Tugas di daerah hanya mengusulkan dan kuota tambahan formasi ditentukan oleh Pusat,” kata Pramono.

Analis Sumber Daya Manusia dan Aparatur, BKPP Sleman, Suryana menambahkan tambahan pegawai sangat dibutuhkan dikarenakan setiap tahunnya ada PNS yang pensiun sebanyak 500-600 orang. Menurut dia, sejak beberapa tahun lalu juga ada penambahan, tapi difokuskan untuk tenaga P3K. “Tahun ini akan ada penerimaan ASN di Pemkab Sleman. informasinya penerimaan tidak hanya P3K, tapi juga ada CPNS,” kata Suryana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement