Advertisement

Pemkot Jogja Fasilitasi Wifi Gratis Bagi UMKM

Lugas Subarkah
Senin, 22 Januari 2024 - 14:57 WIB
Ujang Hasanudin
Pemkot Jogja Fasilitasi Wifi Gratis Bagi UMKM Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja akan memfasilitasi wifi gratis bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Wifi gratis ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan UMKM di Kota Jogja.

Kepala Bidang Infrastruktur Telematika Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Jogja, Tutiek Susiatun, mengatakan rencana ini baru akan dimulai pada tahun 2024. Adapun syarat yang harus dipenuhi yakni tempat usahanya dekat dengan fasilitas milik Pemkot Jogja dan ketersediaan perangkatnya juga disediakan oleh para pelaku usaha tersebut.

Advertisement

"Misal di dekat Kantor Kemantren Gondomanan, ada pelaku usaha yang menginginkan wifi gratis tersebut, kita akan bantu. Namun router wifi-nya dari para pemilik usaha. Sementara untuk jaringan internetnya nanti akan kita ambilkan dari fasilitas Pemkot terdekat," ujarnya, Senin (22/1/2024).

Menurutnya saat ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Bukan hanya untuk berkomunikasi, melainkan juga untuk mendukung kegiatan ekonomi, terutama industri kreatif serta para pelaku UMKM. Ia berharap dengan fasilitas ini dapat membantu pengusaha maupun pelaku UMKM di Kota Jogja.

BACA JUGA: Ratusan Wifi Gratis Kota Jogja Tersebar Hingga RW

"Selain itu dengan adanya akses internet gratis ini juga akan menambah jumlah konsumen yang datang ke tempat tersebut. Tentunya layanan internet dengan wifi publik tersebut sudah di-sharing sehingga aman digunakan,” katanya.

Untuk mengajukan wigi gratis ini, pelaku UMKM bisa bersurat dengan Diskominfosan Kota Jogja. setelah itu lokasi UMKM akan disurvei. “Kita survey benar ga dekat dari sana [fasilitas publik Pemkot Jogja] untuk kita tarik jaringan. Maksimal hanya 100-200 meter,” paparnya.

Sampai saat ini, akses wifi publik gratis milik Pemkot Jogja sudah tersebar di 1.064 titik di seluruh Kota Jogja. "Selain di ruang terbuka hijau publik, di sejumlah RW pun sudah bisa mengakses wifi gratis tersebut. Bahkan di tempat ibadah seperti masjid, gereja, dan mushala juga sudah ada layanan wifi publik gratis ini," ungkapnya.

Keberadaan wifi publik gratis tersebut juga akan mempermudah masyarakat mengakses berbagai layanan publik dari Pemkot Jogja yang sebagian besar sudah bisa diakses secara daring. "Siapa saja bebas mengakses internet di masing-masing titik ini, warga cukup datang ke tempat tersebut dan dapat memanfaatkan fasilitas dari Pemkot Jogja," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Korban Tewas Akibat Baniir dan Longsor di Kabupaten Luwu Jadi 14 Orang

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement