Advertisement

Mudik Lebaran, Tol Jogja Solo Bisa Dilewati dari Kartasura Sampai Purwomartani

Alifian Asmaaysi
Senin, 22 Januari 2024 - 19:12 WIB
Budi Cahyana
Mudik Lebaran, Tol Jogja Solo Bisa Dilewati dari Kartasura Sampai Purwomartani Proyek pembangunan Tol Jogja-Solo seksi 2 paket 2.2B Trihanggo-Junction Sleman pada Rabu (2/8/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tol Jogja Solo akan dioperasikan secara fungsional dari Kartasura sampai dengan Purwomartani, Sleman, pada Lebaran tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 3 km dari total 20 km ditargetkan siap untuk dilewati saat mudik Lebaran 2024.

Advertisement

Tol Joglo dari Kartasura sampai Klaten sudah beberapa kali digunakan secara fungsional. Pada libur Natal dan Tahun Baru kemarin, ruas itu sudah dibuka untuk arus kendaraan secara fungsional.

BACA JUGA: Dipercepat, Tol Jogja Bawen Beroperasi Awal Tahun Depan

“Secara keseluruhan, ruas Kartosuro-Klaten sepanjang 22,3 km tuntas di Juli 2024, sedangkan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20 km ditargetkan tuntas di akhir September 2024,” kata Basuki dalam keterangan resminya, Senin (22/1/2024).

Basuki menambahkan Menurut Basuki, pembangunan Tol Jogja Solo tersebut akan meningkatkan konektivitas DIY dan Jawa Tengah.

“Jalan Tol Jogja Solo akan terhubung dengan Jalan Tol Jogja Bawen dan dengan Jalan Tol Semarang Solo, sehingga akan membentuk segitiga emas pertumbuhan ekonomi pada Kawasan Jogja, Solo, dan Semarang [Joglosemar]," ungkapnya.

BACA JUGA: Proyek Jalan Tol Jogja Solo Seksi 2 di Ring Road Barat Dikebut, Rambu-Rambu Diperbanyak

Menteri PUPR terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jogja Solo Marga Makmur untuk mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol dari Kartosuro arah ke Jogja yang akan menjadi bagian dari sistem jaringan Tol Trans Jawa.

"Kehadiran tol ini akan mengurangi beban jalan nasional Jogja-Solo yang saat ini kondisinya kerap macet. Khususnya menuju destinasi pariwisata sepanjang koridor, seperti Candi Prambanan. Selain itu juga dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jogja ke Solo dan sebaliknya, serta menuju ke Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo," ujarnya.

Tol Solo-Jogja hingga Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo secara keseluruhan memiliki panjang 96,57 km. Tol ini terdiri dari 3 seksi, Seksi 1 Solo-Klaten-Purwomartani (42,3 km), Seksi 2 Purwomartani-Monjali-Gamping (16 km), dan Seksi 3 Gamping-Kulonprogo (38,57 km).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribut-Ribut Soal UKT, Ini Daftar PTN dengan Tarif Termahal

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement