Advertisement

Update Erupsi Merapi, Siang Ini Luncurkan Satu Kali Awan Panas

Lugas Subarkah
Jum'at, 26 Januari 2024 - 15:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Update Erupsi Merapi, Siang Ini Luncurkan Satu Kali Awan Panas Foto pengamatan visual BPPTKG menunjukkan guguran awan panas di Gunung Merapi, Kamis (25/1/2024). - ist - BPPTKG

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gunung Merapi terpantau meluncurkan satu awan panas padaJumat (26/1/2024) siang. Guguran awan panas terpantau masih terjadi dalam beberapa hari terakhir. Masyarakat diminta menghindari daerah bahaya.

Kepala Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Agus Budi Santoso, menjelaskan awan panas teramati pukul 13:17 WIB dengan Amplitudo maksimal 28 mm. “Durasi 120.56 detik, jarak luncur maksimal 1500 meter ke barat daya atau Kali Bebeng,” ujarnya.

Advertisement

BACA JUGA: Buntut Snack Pelantikan, Dukuh dan KPPS Geruduk KPU Sleman

Pada saat terjdai guguran awan panas ini, visual Gunung Merapi tampak dan arah angin ke tenggara. Selain awan panas, pada hari yang sama juga teramati teramati tiga kali guguran lava ke arah barat daya dengan jarak luncur maksimum 800 meter.

Status Gunung Merapi saat ini masih Siaga. Potensi bahaya berupa guguran lava dan awanpanas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km.

BACA JUGA: Datangi Luhut, GIPI Desak Penerapan Pajak Hiburan Ditunda

Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak. Masyarakat diminta tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya.

“Masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar dan awan panas guguran, terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. Masyarakat agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Taruna STIP Jakarta Meninggal karena Dianiaya, Kemenhub Ikut Investigasi

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement