Advertisement

Jelang Imlek, Harga Bawal Laut di Bantul Capai Rp400 Ribu per kilogram

Jumali
Selasa, 30 Januari 2024 - 14:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Jelang Imlek, Harga Bawal Laut di Bantul Capai Rp400 Ribu per kilogram Ilustrasi lampion yang identik saat perayaan Imlek dan Cap Go Meh. - istockphoto\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Menjelang tahun baru China atau Imlek, harga ikan bawal laut di Kabupaten Bantul mencapai Rp400.000 per kilogram (kg). Hal itu menjadi berkah bagi para nelayan, yang sebelumnya tidak bisa melaut karena cuaca buruk sebagai dampak siklon tropis anggrek.

Salah satu nelayan di Pantai Depok, Mistok, 52, mengatakan menjelang perayaan tahun baru China yang jatuh pada Sabtu (10/1/2024), harga ikan utamanya ikan bawal laut selalu mengalami kenaikan. Sebab, ikan bawal laut merupakan salah satu jenis ikan komoditas ekspor yang digandrungi masyarakat China jelang Imlek.

Advertisement

“Sekarang memang mulai naik harganya, untuk ikan bawal laut. Untuk ukuran paling kecil Rp70.000 dari yahg semula sekitar Rp55.000 per kilogram. Sedangkan untuk jenis ikan lainnya, seperti layur masih relatif tidak banyak mengalami kenaikan,” katanya, Selasa (30/1/2024).

Hal sama juga diungkapkan oleh  Ketua Koperasi Usaha Bersama (KUB) Mina Samudra sekaligus nelayan Pantai Samas, Tri Jarwanto. Pria yang akrab dipanggil Gotri ini mengungkapkan jika kenaikan harga ikan bawal laut jelang Imlek mencapai hampir 2 kali dari harga semula.

“Harga di pelelangan di sini, untuk size terkecil Rp70.000 per kilogram, sedangkan size 8 atau paling besar yakni 8 ons per ekor mencapai Rp400.000 per kilogrammya,” katanya.

Baca Juga

Sambut Imlek, Lampion-Lampion Sudah Bertebaran di Solo

Rayakan Imlek dan Valentine, Kimaya Sudirman Yogyakarta by Harris Hadirkan Beragam Promo Menarik

Imlek di Jogja, Ada Karnaval di Tanggal 4 Februari. Catat Agendanya!

Padahal, sebelumnya harga ikan bawal laut hanya Rp45.000 per kilogra untuk size paling kecil. Sedangkan untuk size besar yakni 8 ons per ekor mencapai Rp250.000 per kilogramnya.

“Harga ini akan bertahan sampai H-4 imlek. Kami berharap agar harga ini tetap bertahan sampai beberapa hari setelah imlek,” katanya.

Diakui Tri dan Mistok, para nelayan di Pantai Depok dan Samas beberapa waktu lalu banyak yang tidak melaut. Hal ini dikarenakan adanya cuaca buruk sebagai dampak siklon tropis anggrek. Namun, beberapa hari terakhir, cuaca sudah membaik dan membuat nelayan mulai melakukan aktivitasnya menangkap ikan.

Di sisi lain, dengan tingginya harga ikan bawal laut, telah membuat tidak hanya Tri dan Mistok bersemangat untuk menangkap ikan. Akan tetapi nelayan lainnya di Patai Depok dan Samas.

“Tentu ini membuat kami lebih semangat. Apalagi, sekarang harga ikan bawal laut lagi tinggi. Harapannya hasil tangkapannya nanti setidaknya tidak hanya bisa menutup biaya operasional, tapi juga meningkatkan pendapatan kami,” ucap Tri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement