Advertisement

Akhir 2024 Pelabuhan Gesing Beroperasi, Pemkab Gunungkidul Kumpulkan Nelayan

Newswire
Kamis, 01 Februari 2024 - 10:07 WIB
Maya Herawati
Akhir 2024 Pelabuhan Gesing Beroperasi, Pemkab Gunungkidul Kumpulkan Nelayan Proses pembangunan kolam pelabuhan Gesing di Kalurahan Girikarto, Panggang, Gunungkidul, Senin (31/7/2023). - Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Gunungkidul, bersiap menyambut beroperasinya Pelabuhan Gesing yang dijadwalkan pada akhir 2024 dengan mengumpulkan nelayan. Mereka dikader agar jumlahnya bertambah serta diberikan pelatihan supaya mahir.

Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Gunungkidul Wahid Supriyadi di Gunungkidul, mengatakan, pihaknya ikut mengembangkan PPI Gesing dengan berbagai program seperti kaderisasi nelayan.

Advertisement

“Kaderisasi nelayan itu untuk peremajaan nelayan-nelayan yang telah lanjut usia. Kemarin yang ikut kegiatan kaderisasi nelayan juga ada 20 orang,” kata Wahid, Rabu (1/2/2024).

Ia mengatakan DKP Gunungkidul akan mengoperasikan TPI Gesing yang menjadi satu lokasi dengan PPI Gesing. Retribusi TPI dipungut untuk pelayanan pelelangan ikan antara nelayan dan pedagang ikan.

BACA JUGA: Istana Bantah Paspampres Jokowi Menganiaya Pendukung Ganjar di Gunungkidul

Hasil tangkapan ikan nelayan nanti untuk memasok rumah makan yang ada di objek wisata yang ada di sepanjang pantai di Gunungkidul. "Kami berharap hasil tangkapan ikan nelayan yang mendarat di Pelabuhan Gesing dapat mendukung sektor pariwisata," katanya.

Sebelumnya, Kepala DKP DIY Bayu Mukti Sasongka Gunungkidul menjelaskan pembangunan PPI Gesing yang telah dimulai sejak awal 2022 itu dibiayai menggunakan Dana Keistimewaan (Danais) mencapai Rp152.486.220.000 (Rp152,49 miliar).

Pelabuhan yang digadang-gadang menjadi Tourism Fishing Port atau pelabuhan perikanan berbasis pariwisata itu diperkirakan mampu menampung hingga 40 kapal berkapasitas 10-30 grosston (GT) serta 100 unit kapal motor tempel.

Saat resmi beroperasi, DKP DIY menargetkan Pelabuhan Gesing mampu menyumbang 5.000 ton ikan tangkap per tahun di DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement