Advertisement

20 Rumah Rawan Longsor Dusun Cegokan Pleret, Warga Diminta Waspada

Jumali
Senin, 05 Februari 2024 - 14:17 WIB
Sunartono
20 Rumah Rawan Longsor Dusun Cegokan Pleret, Warga Diminta Waspada Warga Kalurahan Wonolelo, Kapanewon Pleret, Bantul membersihkan rumah yang terkena longsor di RT 02 Dusun Cegokan, pada Senin (5/2/2024) - Dok Kalurahan Wonolelo

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kalurahan Wonolelo, Kapanewon Pleret, Bantul memastikan longsor yang menimpa rumah milik Suyono, di Dusun Cegokan RT. 02, pada Minggu (4/2/2024) sekitar pukul 22.00 WIB, kini telah tertangani.

Lima orang penghuni rumah yang sempat mengungsi di rumah tetangga saat ini sudah kembali. “Saat ini sudah terkendali. Tadi warga sudah kerja bakti membersihkan rumah yang terkena longsor,” kata Lurah Wonolelo, Ahmad Furqon, Senin (5/2/2024).

Advertisement

Menurut dia, kejadian longsor tersebut tidak menyebabkan korban jiwa. Namun, akibat longsor, rumah yang dihuni oleh 2 Kartu Keluarga dengan 5 orang itu mengalami rusak pada bagian ruang tamu dan atap.

“Ruang tamu kelongsoran, tembok dan atapnya jebol. Memang semalam sempat ngungsi di tetangga. Tapi saat ini sudah kembali dan masih bisa pakai ruangan lainnya di rumah tersebut,” katanya.

BACA JUGA : 1 Rumah di Wonolelo Pleret Tertimbun Longsor

Sejauh ini, Furqon mengaku pihak BPBD Bantul dan Kalurahan Wonolelo serta Kapanewon Pleret telah turun dan mensuport konsumsi untuk kerja bakti warga. Selain itu, pihak Kalurahan juga sedang mengusahakan agar rumah tersebut mendapatkan bantuan.

“Tadi BPBD juga telah mengirim bantuan terpal untuk menutup atap yang jebol dan bekas longsorannya,” ujarnya.

Rawan longsor

Diakui Furqon, jika Dusun Cegokan khususnya RT 02, rawan longsor karena lokasi di bawah tebing. Pemerintah Kalurahan Wonolelo mencatat ada 20 rumah yang rawan longsor di kawasan tersebut.

“Sejak awal musim penghujan, kami sudah buat edaran. Waspada musim hujan. Warga diminta bersihkan selokan, potong pohon dan waspada longsor. Ini sudah kami lakukan sejak awal Desember,” ucap Furqon.

Kepala Seksi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana dalam rilis ke awak media menyatakan jika longsor yang menimpa rumah Suyono karena hujan dengan intensitas lebat.

Akibat kejadian tersebut, rumah Suyono, warga setempat, mengalami kerusakan berupa atap dan tembok jebol. Rumah tersebut dihuni 2 Kartu Keluarga (KK) dengan 5 jiwa. 

BACA JUGA : Tanah Longsor di Gunungkidul, Seorang Warga Lansia Tertimpa Lemari

“Dari pihak BPBD dan FPRB Kapanewon Pleret bersama Polsek Pleret  melakukan pengecekan di lokasi kejadian dan menyatakan tidak ada korban jiwa yg perlu dievaluasi,” tulis Jeffry. Kerugian materiil dari kejadian tersebut masih belum ditaksir. Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement