Advertisement

Tanggulangi Kedaruratan Kesehatan KPPS saat Pemilu, KPU Kulonprogo Siagakan Ambulans

Triyo Handoko
Rabu, 07 Februari 2024 - 21:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Tanggulangi Kedaruratan Kesehatan KPPS saat Pemilu, KPU Kulonprogo Siagakan Ambulans Pemilih diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas TPS pada simulasi proses pemungutan suara dan penghitugan suara Pilkada 2020, di Lapangan Pasutan, Trirenggo, Bantul, Sabtu (21/11/2020). /Harian Jogja - Jumali

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Mengantisipasi kedaruratan kesehatan petugas KPPS di Kulonprogo, KPU akan menyiagakan ambulans. Selain ambulans, seluruh fasilitas kesehatan di Bumi Binangun juga dipastikan akan buka untuk memberikan penanganan kepada KPPS yang mendadak sakit saat bertugas.

Mobil ambulans yang disiagakan KPU Kulonprogo itu akan ditempatkan di lokasi terdekat TPS. Agar mudah diakses saat dibutuhkan untuk mengantarkan petugas KPPS yang mengalami sakit.

Advertisement

Sementara fasilitas kesehatan yang buka untuk melayani KPPS yang sakit antara lain seluruh puskesmas dan rumah sakit yang ada di Bumi Binangun. "Kesiapan layanan kesehatan kami sudah siap, sudah kami koordinasikan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo dan didukung," kata Ketua KPU Kulonprogo Budi Priyana pada Rabu (7/2/2024).

Budi menyebut KPU Kulonprogo juga sudah memiliki data kesehatan seluruh petugas KPPS di wilayahnya. Data kesehatan itu didapat dari skrining kesehatan yang diikuti KPPS sebelum pelantikan pada Januari lalu.

"Sudah ada data skrining seluruh petugas KPPS dengan kerja sama dengan BPJS lewat aplikasi skrining mandiri. Dalam pemetaan skrining itu ada beberapa tingkatan risiko kesehatan yang telah dianalisis dari hasil skrining," ungkap Budi.

Baca Juga

Kesehatan Anggota KPPS dan Satlinmas Sebelum Bertugas Dijamin, Begini Upaya Pemkot

KPU Bantul Berikan Bimtek untuk KPPS TPS Khusus

Ini 7 Lokasi TPS Khusus di Jogja, KPPS Telah Dibekali Bimtek

Tingkatan risiko kesehatan itu dari risiko rendah, risiko menengah, hingga risiko tinggi. "Datanya akan kami gunakan untuk berjaga-jaga, termasuk pemetaan risikonya sakit apa sudah dapat dilakukan, harapannya mempermudah penanganan yang tepat," terangnya.

Budi mengimbau seluruh petugas KPPS di Kulonprogo agar menjaga kesehatannya. "Apalagi ini musim hujan, kami imbau jaga kesehatan dengan baik, makan teratur dan istirahat cukup, atur waktu dengan baik," imbaunya.

Persiapan kesehatan salah satu petugas KPPS di Kalurahan Sendangsari, Kapanewon Pengasih, Apri Gimanto antara lain rutin olahraga. "Karena yang akan diuji nanti kemungkinan kekuatan fisik maka ini olahraga rutin, selain makan teratur dan bergizi," ucapnya, Rabu siang.

Apri menjelaskan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Puskesmas I Pengasih. "Koordinasi bersama PPS dengan Puskesmas Pengasih I sudah, dipastikan nanti buka dan siap membantu melayani jika ada yang sakit," katanya.

Kondisi kesehatan KPPS di Sendangsari, jelas Apri, prima dan bugar. "Kebanyakan dari petugas yang ada juga generasi muda, ada yang sepuh juga untuk mengimbangi dan membimbing. Jadi kami optimis bisa bekerja sama dan saling menjaga kesehatan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Layanan SIM di Bantul Mei 2024

Jadwal Layanan SIM di Bantul Mei 2024

Jogjapolitan | 31 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Insiden Balon Udara Raksasa Meledak dan Membakar Sejumlah Remaja di Ponorogo

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement