Advertisement

Musim Hujan, Kasus Leptospirosis Ditemukan di Jogja, Ini Lokasinya

Alfi Annisa Karin
Senin, 19 Februari 2024 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Musim Hujan, Kasus Leptospirosis Ditemukan di Jogja, Ini Lokasinya Ilustrasi leptospirosis. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja menemui sejumlah kasus penyakit yang kerap terjadi saat musim hujan.

Kasi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinkes Kota Jogja Endang Sri Rahayu menuturkan pihaknya menemui adanya satu kasus leptospirosis. “Terjadi di Kemantren Gondokusuman," katanya saat dikonfirmasi, Senin (19/2/2024).

Advertisement

Saat ini pihaknya tengah melakukan tindak lanjut atas temuan kasus itu. Dinkes Kota Jogja melakukan penyelidikan epidemiologi, penyuluhan, hingga survei faktor risiko. "Juga direncanakan ada penyemprotan," imbuh Endang.

Sementara, Kepala Dinkes Kota Jogja Emma Rahmi Aryani menyebutkan angka kasus Leptospirosis ini masih jauh jika dibandingkan dengan kasus yang terjadi sepanjang 2023, sebanyak 17 kasus. Di sisi lain, Dinkes Kota Jogja juga menemui adanya kasus demam berdarah dengan total 6 kasus. "Kalau DB [demam berdarah] sudah signifikan menurun. Tahun kemarin juga tidak ada kematian," kata Emma.

BACA JUGA: Penyakit Tidak Menular Mendominasi, Masyarakat Harus Cermati Keamanan Pangan dan Penggunaan Obat

Dia mengatakan, meski tak ada lonjakan kasus leptospirosis maupun demam berdarah yang signifikan, tetapi masyarakat diminta untuk tetap waspada.

Masyarakat diajak untuk lebih memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan agar tak mudah terpapar penyakit. Emma menyebut, satu kasus leptospirosis yang ditemui berasal dari lingkungan yang kurang bersih.

"Kalau leptospirosis di tempat-tempat yang becek-becek. Kemarin yang kena pun kebersihannya sangat-sangat jelek lingkungannya juga jelek," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Presiden Jokowi Teken UU DKJ, Peralihan Status Ibu Kota dari Jakarta ke IKN

News
| Senin, 29 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement