Advertisement

PROGRAM BEASISWA BERKELANJUTAN: BPO DIY Bantu Mahasiswa Lanjutkan Pendidikan Tinggi

Media Digital
Rabu, 21 Februari 2024 - 20:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
PROGRAM BEASISWA BERKELANJUTAN: BPO DIY Bantu Mahasiswa Lanjutkan Pendidikan Tinggi Sosialisasi Beasiswa Berkelanjutan bagi Pemuda DIY 2024 yang digelar oleh Balai Pemuda dan Olahraga DIY, Rabu (21/2/2024). Harian Jogja - Alfi Annisa Karin

Advertisement

JOGJA—Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) DIY menggelar sosialisasi Beasiswa Berkelanjutan bagi Pemuda DIY Tahun 2024 di Luxury Malioboro Yogyakarta Hotel, Rabu (21/2/2024). Kegiatan ini diikuti 100 peserta, terdiri dari DPRD DIY Komisi D, Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY, rektor universitas negeri dan swasta, organisasi kemasyarakatan dan pemuda (OKP), Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora), Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga (Pora), serta Balai Pendidikan Menengah (Balai Dikmen) di semua kabupaten/kota di DIY.

Kepala BPO DIY, Drs. Priya Santosa, M.M menuturkan Program Beasiswa Berkelanjutan bagi Pemuda DIY baru pertama kali diluncurkan. Bantuan pendidikan ini nantinya akan menyasar pemuda di DIY yang kurang mampu maupun pemuda yang punya prestasi di bidang kepemudaan dan olahraga. Pada tahap awal, BPO mengalokasikan beasiswa bagi 150 pemuda.

Advertisement

"Selama setahun mereka kami berikan Rp10 juta. Di tahap pertama ini kami memberi bantuan kepada mereka agar bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di manapun, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta" katanya saat memberikan paparan sosialisasi, Rabu.

Priya mengatakan Program Beasiswa Berkelanjutan ini merupakan bentuk perhatian Pemda DIY sekaligus meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi di DIY dan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) di DIY.

Priya menyebut, IPP di DIY merupakan yang tertinggi se-Indonesia sejak 2015. Beasiswa ini diharapkan dapat  mempertahankan IPP yang telah tercapai.

Priya menambahkan, beasiswa ini tidak secara eksplisit menyebut ditujukan bagi mahasiswa. Sebab, beasiswa khusus mahasiswa sejatinya telah ada dan menjadi kewenangan Pemerintah Pusat. Namun, jajarannya tetap ingin berkontribusi meningkatkan APK pendidikan tinggi di DIY. "Dalam program ini kami tidak melihat beasiswa bagi mahasiswa, tapi kami akali dan dapat menjadi beasiswa keberlanjutan bagi pemuda DIY," katanya.

Beasiswa ini nantinya diperuntukkan bagi mahasiswa semester satu hingga delapan yang terdaftar di universitas negeri atau swasta di DIY. Calon penerima beasiswa diminta untuk mengirimkan proposal. Jika nantinya pendaftar melebihi kuota, maka akan dilakukan seleksi. Pembukaan pendaftaran beasiswa dimulai 21 Februari hingga 4 Maret 2024. "Pada triwulan kedua ini kami berharap sudah bisa disalurkan. Kami akan terus melanjutkan program setiap tahun sampai empat tahun ke depan," katanya. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement