Advertisement

Hasil Seleksi Sekda Sleman Diumumkan Senin Pekan Depan

David Kurniawan
Rabu, 21 Februari 2024 - 13:57 WIB
Ujang Hasanudin
Hasil Seleksi Sekda Sleman Diumumkan Senin Pekan Depan Lelang jabatan / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Panitia Seleksi lelang Sekda Sleman memastikan seluruh tahapan tes telah dilaksanakan semua. Rencananya hasil dari seleksi akan diumumkan pada 26 Februari 2024.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sleman, Budi Pramono mengatakan, tahapan lelang untuk lowongan sekda sudah memasuki babak akhir. Pasalnya, seluruh peserta yang berjumlah 11 orang telah melalui berbagai tahapan tes.

Advertisement

Setelah melalui pendaftaran dan penelitian berkas administrasi, para pendaftar diwajibkan mengikuti rangkaian sejumlah tes. Selanjutnya dilakukan uji kompetensi manajerial dan sosio kultural, tes Kesehatan, penulisan makalah, presentasi dan wawancara.

“Ada juga penelusuran rekam jejak masing-masing calon,” katanya, Rabu (21/2/2024).

Menurut dia, tahapan tinggal pengumuman calon kandidat sekda yang akan diserahkan ke bupati. Rencananya pengumuman dilaksanakan pada 26 Februari 2024. “Tinggal menunggu hasilnya dan nanti akan kami umumkan secara resmi,” katanya.

Pramono menambahkan, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, nantinya hanya ada tiga calon yang diajukan bupati. Selanjutnya, pemilihan merupakan hak prerogatif bupati yang mendapatkan persetujuan dari Gubernur DIY dan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Pasti ada yang tidak lolos karena hanya dipilih tiga orang kandidat. Nantinya, hasil seleksi akan diserahkan langsung oleh pansel ke bupati,” kata Pramono.

BACA JUGA: 11 Pejabat Berebut Kursi Sekda Sleman, Satu dari Maluku

BACA JUGA: Berikut Daftar Calon Sekda Sleman yang Lolos Seleksi Administrasi

Menurut dia, pada saat pendaftaran yang dimulai 15-29 Januari lalu, total ada sebelas pelamar yang berminat menjadi calon Sekda Sleman. Setelah pendaftaran ditutup, tahapan dilanjutkan dengan penelitian berkas yang diserahkan masing-masing penadftar.

“Semua dinyatakan lolos seleksi administrasi karena berkas yang diserahkan telah memenuhi persyaratan,” katanya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, Sekda Sleman, Harda Kiswaya telah memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2024. Untuk mengisi kekosongan telah ditunjuk Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Eka Suryo Prohantoro sebagai Pejabat Sekda Sleman.

“Prosesnya kami usulkan ke Gubernur DIY untuk persetujuan. Rentang waktu jabatan PJ Sekda selama satu bulan hingga paling lama tiga bulan,” kata Kustini.

Menurut dia, proses pengisian sekda definitif masih berlangsung. Ia menilai proses seleksi ini berjalan dengan sangat demokrastis dan diikuti oleh banyak pendaftar.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, total ada 11 pendaftar yang ingin menjadi Sekda Sleman berikutnya. Adapun rinciannya, sepuluh pelamar berasal dari lingkup Pemkab Sleman dan satu pelamar berasal dari luar daerah.

“Ada satu yang dari luar, yakni berasal dari BPK di Maluku,” katanya.

Ia berharap proses seleksi yang berjalan dapat berlangsung dengan lancar sehingga segera terpilih Sekda Definitif. “Masih proses dan pelaksanaan semua diserahkan ke pansel yang menangani,” katanya. (David Kurniawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement