Advertisement

Menteri Hadi Bertemu Sultan, Bicarakan Pemilu yang Berjalan Kondusif

Yosef Leon
Jum'at, 23 Februari 2024 - 23:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Menteri Hadi Bertemu Sultan, Bicarakan Pemilu yang Berjalan Kondusif Menkopolhukam RI Hadi Tjahjanto memberikan keterangan kepada wartawan seusai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Kilen pada Jumat (23/2/2024). Harian Jogja - Yosef Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto melakukan pertemuan dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Jumat (22/2/2024) malam. 

Menteri Hadi yang baru dilantik pada jabatan barunya itu mengaku sowan ke Gubernur DIY dan ingin bersilahturahmi lantaran baru saja memegang jabatan yang sebelumnya dipegang oleh Mahfud MD itu. 

Advertisement

Pertemuan keduanya dilangsungkan di Kraton Kilen secara tertutup. Menteri Hadi tiba di lokasi sekitar pukul 19.00 Wib dan langsung masuk ke kediaman Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu.  Kurang lebih dua jam melakukan pembicaraan Menteri Hadi keluar didampingi oleh puteri keempat Sultan Gusti Kanjeng Ratu Hayu yang juga menjabat sebagai Penghageng Tepas Tandha Yekti Kraton Yogyakarta. 

Menteri Hadi mengatakan pertemuannya dengan Sultan merupakan yang kesekian kalinya. Saat dia menjabat sebagai Panglima TNI dan Menteri ATR/BPN pensiunan jenderal bintang empat itu juga kerap sowan ke Sultan. 

Baca Juga

Gantikan Mahfud Md, Segini Harta Hadi Tjahjanto yang Bakal Dilantik Jokowi sebagai Menko Polhukam

Resmi! AHY Jadi Menteri ATR dan Hadi Tjahjanto Menkopolhukam

Penuntasan Kasus BLBI oleh Menko Polhukam Jangan Hanya Lips Service

"Ini adalah silaturahmi biasa. Saya menyampaikan bahwa saya baru saja dilantik jadi Menkopolhukam dan saya mohon doa restu pada Ngarso Dalem dan kita cerita banyak, yang ringan-ringan saja," ujarnya. 

Hadi menyebut dalam pembicaraan tersebut keduanya juga menyinggung soal pelaksanaan Pemilu dan sesudahnya yang berjalan dengan kondusif. Semua pihak bisa menjaga situasi aman dan nyaman. Dia ingin prestasi ini dipertahankan sampai penyelenggaraan pesta demokrasi selesai. 

"Kami tinggal menunggu tahapan Pemilu mulai dari pengumuman sampai dengan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih dan saya kira kondisi seperti ini harus dipertahankan karena ini bagian dari tanggung jawab komponen bangsa supaya pembangunan yang dijalani dapat terlaksana dengan baik," jelasnya. 

Hadi menampik pertemuannya dengan Sultan merupakan arahan Presiden Joko Widodo yang beberapa waktu lalu sempat meminta Sultan untuk memfasilitasi pertemuannya dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. 

"Ya enggak dibahas la, saya hanya ngomong biasa saja sesuai dengan tugas saya menjaga stabilitas keamanan dan kondisi, seperti ini lah yang harus kita jaga supaya rakyat juga tenang dan itu bagian dari tugas yang harus saya jaga, yang lain ga ada," ujarnya. 

Hadi juga mengaku bahwa Sultan banyak memberikan nasihat padanya dalam pembicaraan tersebut. "Sebagai orang tua kepada yang lebih muda itu tentu ada pandangan-pandangan tadi berkaitan dengan diri saya sebagai menteri. Intinya adalah menjaga keamanan dan Sultan juga sangat mendukung untuk tetap menjaga kondisivitas yang saat ini sedang berjalan yakni aman dan damai," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement