Advertisement

Hujan Deras Sabtu Petang di DIY, Pohon Tumbang dan Rumah Rusak di 31 Titik

Yosef Leon
Sabtu, 24 Februari 2024 - 20:17 WIB
Maya Herawati
Hujan Deras Sabtu Petang di DIY, Pohon Tumbang dan Rumah Rusak di 31 Titik Sejumlah sukarelawan saat mengevakuasi pohon tumbang dampak hujan deras dan angin kencang di Sleman, Sabtu (24/2/2024). - ist - BPBD DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Hujan deras dengan angin kencang menyebabkan sejumlah kejadian di wilayah DIY pada Sabtu (24/2/2024) sore di wilayah DIY. Dampaknya tersebar di Kota Jogja, Sleman, Bantul dan Gunungkidul.

Kepala Bidang Penanganan Darurat, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Lilik Andi Aryanto mengatakan, data terakhir yang diterima pihaknya total ada sebanyak 31 titik yang terdampak hujan deras disertai angin kencang pada sore ini.

Advertisement

"Di Kota Jogja ada dua titik yang terdampak yakni di Kotagede dan Gondokusuman berupa satu pohon tumbang, penerangan jalan, jaringan telekomunikasi dan rumah rusak ringan," ujarnya.

Kemudian di Kabupaten Bantul terdapat dua titik yang terdampak semuanya merupakan pohon tumbang. Sementara di Kulonprogo ada satu wilayah terdampak yakni di Pengasih berupa pohon tumbang dan rumah rusak masing-masing satu kejadian.

"Terbanyak ada di Gunungkidul dengan 16 titik kejadian berupa pohon tumbang 11 kejadian, jaringan listrik satu kejadian dan rumah rusak ringan delapan kejadian," jelasnya.

Terakhir di Sleman ada 10 kejadian berupa pohon tumbang 10 kejadian, jaringan listrik dua kejadian, rumah rusak ringan tiga kejadian, rumah rusak berat satu kejadian, tempat usaha satu kejadian, mobil satu kejadian dan baliho roboh satu kejadian.

BACA JUGA: Jaringan Pornografi Anak Sesama Jenis Dibongkar Polisi

"Sekarang para unsur sukarelawan dan berbagai pihak tengah melakukan evakuasi dan pembersihan di setiap lokasi," katanya.

BPBD DIY mengimbau kepada seluruh warga untuk terus memperhatikan peringatan dini dan informasi cuaca untuk peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Selain itu juga melakukan pemangkasan pohon lapuk dan cabang berlebih yang berpotensi mengancam jika terjadi angin kencang.

"Jika terjadi hujan deras disertai angin kencang dan petir, diharapkan untuk menghindari pohon besar, tiang listrik, baliho, daerah rawan longsor dan Daerah Aliran Sungai serta perawatan dan pembersihan saluran air dan drainase secara berkala," katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Eco-Enzyme, Atasi Sampah Hasilkan Rupiah

Eco-Enzyme, Atasi Sampah Hasilkan Rupiah

Jogjapolitan | 55 minutes ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement