Advertisement

Ribuan Pelari dari 22 Negara Meriahkan Coast to Coast Ultra 2024 di Pantai Selatan Bantul

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 25 Februari 2024 - 17:07 WIB
Ujang Hasanudin
Ribuan Pelari dari 22 Negara Meriahkan Coast to Coast Ultra 2024 di Pantai Selatan Bantul Ilustrasi lari di pantai

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Sebanyak 3.320 pelari dari berbagai negara mengikuti gelaran Coast to Coast Ultra Trail Run 2024 di Laguna View Depok Pantai Selatan Jogja pada 24-25 Februari 2024.

Kegiatan sport tourism ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) berkolaborasi dengan komunitas Trail Runners Jogja untuk mengangkat olahragta trail run. Gelaran event tersebut diselenggarakan juga untuk mengungkit perekonomian daerah setempat. 

Advertisement

Direktur Pemasaran Pariwisata BOB, Harfiansah Bimantara menyampaikan Coast to Coast Ultra Trail Run 2024 diikuti oleh lebih dari 3 ribu pelari dari 22 negara. Dia menyampaikan event sport tourism tersebut diselenggarakan untuk mengungkit perekonomian daerah.

"Event ini juga turut andil dalam mendukung perekonomian daerah karena selama acara, industri penginapan, rumah makan, dan UMKM di sekitar lokasi mendapatkan imbas dari event ini," katanya, Minggu (25/2/2024). 

Menurutnya event lari tersebut diselenggarakan dengan mengusung sub tema mengenai mitologi Nyi Roro Kidul. Dia pun berharap event tersebut dapat pula memperkenalkan nilai budaya adiluhung setempat kepada masyarakat luas.

“Coast to Coast Ultra 2024 mengangkat tema budaya dengan sub tema yaitu mitologi Nyi Roro Kidul. Tema ini dipilih tidak hanya sebagai metode untuk menarik lebih banyak peserta, tetapi juga untuk memperkenalkan nilai budaya yang dimiliki oleh DIY.” katanya. 

BACA JUGA: Event Lari CTC 2024 Diikuti 24 Negara, Dongkrak Lama Kunjungan Wisatawan ke DIY

Dia menambahkan rute Trail Run 2024 yang diselenggarakan di Pantai Selatan DIY menyuguhkan keindahan panorama keindahan wilayah pesisir. Dia pun berharap event tersebut dapat turut mempromosikan pariwisata wilayah selatan DIY kepada peserta dari berbagai negara. 

“Harapannya lebih dikenal destinasi wisata Bantul, DIY menjadi salah satu Kawasan wisata Borobudur, yang merupakan destinasi super-prioritas yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan untuk kebangkitan wisata Indonesia," ujarnya.

Diketahui peserta dari 22 negara diantaranya berasal dari Algeria, Belarus, Belanda, Kamboja, Kolombia, Prancis, Gambia, India, dan Kazakhstan. Selain itu juga ada Malawi, Maroko, Pakistan, Filipina, Rusia, Rwanda, Tanzania, Thailand, Vietnam dan Yaman. Sementara event tersebut terbagi menjadi lima kategori diantaranya 5k, 15k, 30k, 50k, dan 80k. 

Coast to Coast Ultra merupakan event sport tourism yang digagas untuk mengangkat olahraga trail run. Event tahunan ini digagas oleh komunitas Trail Runners Jogja dan konsisten dilakukan sejak 2015. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik LHKPN 2 Pejabat Pemilik Kripto Miliaran Rupiah

News
| Rabu, 24 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement