Advertisement

Kalangan Pemulung di TPA Piyungan Jadi Sasaran Peningkatan Kesejahteraan

Galih Eko Kurniawan
Jum'at, 01 Maret 2024 - 10:07 WIB
Galih Eko Kurniawan
Kalangan Pemulung di TPA Piyungan Jadi Sasaran Peningkatan Kesejahteraan Rumah Produksi Pengelolaan Sampah Makaryo Adi Ngayojokarto (Mardiko) di TPA Piyungan, Bantul, Kamis (29/2/2024). - Harian Jogja - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah berkolaborasi dengan Danone Indonesia menggelar program peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan TPA Piyungan, Bantul.

Program itu berupa perbaikan lingkungan dan kesehatan yang berfokus pada pemberdayaan ekonomi, pengelolaan sampah, akses air bersih, dan mitigasi stunting sebagai wujud ikhtiar bersama.

Advertisement

Kegiatan itu ditandai dengan pemasangan tiang pancang pertama Rumah Produksi Pengelolaan Sampah Makaryo Adi Ngayojokarto (Mardiko) di TPA Piyungan, Bantul, Kamis (29/2/2024).

Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo, mengatakan kemitraan yang dibangun ini diharapkan bisa memberikan dampak positif lebih luas ke masyarakat.

“Melihat dan memahami tantangan yang dihadapi Komunitas, kami bermitra dengan MPM Muhammadiyah untuk berupaya menjadi bagian dari solusi, khususnya pada pengelolaan persampahan di Jogja,” kata Karyanto dalam keterangan tertulis kepada Harian Jogja, Jumat (1/3/2024).

Di Jogja, Danone Indonesia telah mendorong pemberdayaan bank sampah, pengumpulan botol kemasan dan pengelolaan persampahan. Salah satu yang dikembangkan ada di Tambi dan Panggungharjo, Bantul.

MPM Muhammadiyah Jogja, M. Nurul Yamin, menegaskan rumah produksi yang akan dibangun di dalam TPA Piyungan, selain menjadi TPS3R juga akan menjadi sentra aktivitas Komunitas Mardiko.

MPM Muhammadiyah dan Danone Indonesia akan memberikan pendampingan pada anggota komunitas berupa pemberdayaan ekonomi khususnya untuk keluarga, pengelolaan sampah yang efektif dan efisien, mitigasi stunting dan pentingnya akses air bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puing Reruntuhan Helikopter Presiden Iran Ditemukan, Dilaporkan Tak Ada Tanda Kehidupan

News
| Senin, 20 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement