Advertisement

Pilkada Kulonprogo 2024 Masih Dibahas Internal Partai, Kriteria Kandidat Mulai Dipetakan

Triyo Handoko
Minggu, 03 Maret 2024 - 19:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pilkada Kulonprogo 2024 Masih Dibahas Internal Partai, Kriteria Kandidat Mulai Dipetakan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Persiapan partai politik di Bumi Binangun untuk Pilkada 2024 mulai dilakukan, salah satunya PKS dan PAN. Pembentukan tim khusus untuk menjaring kandidat calon bupati dan wakilnya di Pilkada 2024 ini tengah dibahas.

Ketua DPD PKS Kulonprogo, Suharmanta menyebut mulai berkoordinasi dengan DPW PKS DIY untuk mempersiapkan Pilkada 2024 ini. "Sudah ada koordinasi dengan DPW DIY, sudah ada pembentukan tim penjaringan calon kandidat," ujarnya, Minggu (3/3/2024).

Advertisement

Suharmanta menyebut tim penjaringan ini juga akan membangun komunikasi dengan partai lain lantaran PKS Kulonprogo tak bisa mengusung kandidat sendiri dalam Pilkada nanti. "Kalau nama belum ada, tapi kami sudah ada kriteria minimal kandidat yang akan kami jaring," ungkapnya.

Kriteria untuk kandidat yang akan maju Pilkada Kulonprogo nanti dari PKS, menurut Suharmanta, setidaknya ada tiga parameter. "Pertama dapat memimpin birokrasi pemerintahan, kedua mampu bekerja untuk kepentingan masyarakat, ketiga punya visi pembangunan yang jelas untuk memajukan Kulonprogo," jelasnya.

PKS Kulonprogo dalam Pilkada 2024 nanti, jelas Suharmanta, terbuka ke semua partai untuk menjalin kerja sama dan koalisi. "Kami sudah berpengalaman terbuka kepada semua pihak, tentu mulai sekarang kami akan memulai komunikasi itu," katanya.

Baca Juga

Rekap Suara Pemilu 2024 Sampai Tingkat Kabupaten, KPU Kulonprogo: Partisipasi Pemilih Meningkat

Total Pemilih Pemula di Kulonprogo Capai 46.561 Orang

Pemkab Kulonprogo Serahkan Dana Hibah Pilkada 2024 Tahap Pertama Rp17,8 Miliar

Sementara itu politikus PAN Kulonprogo Priyo Santoso menyebut partainya akan membuat tim juga untuk menjaring kandidat Pilkada yang akan diusung. "Belum dibentuk, tetapi akan mulai dibentuk timnya," ujar Wakil Ketua Komisi II, DPRD Kulonprogo itu.

Priyo menilai setidaknya kandidat kepala daerah nantinya mesti memiliki kemampuan berjejaring dengan pemerintah pusat. "Bupati baru diharapkan bisa memimpin dalam membangun hubungan dengan pemerintah pusat agar program-program nasional bisa diimplementasikan di Kulonprogo," katanya.

Kemampuan membangun hubungan dengan pemerintah pusat itu, menurut Priyo, penting agar pembangunan di Kulonprogo semakin masif dan mensejahterakan masyarakat. "Apalagi keuangan daerah juga terbatas sehingga dengan kemampuan itu bisa mengakses sumber keuangan lain agar pembangunan lebih cepat dan tak terhambat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 21 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement