Advertisement

Rekap Suara Pemilu 2024 Sampai Tingkat Kabupaten, KPU Kulonprogo: Partisipasi Pemilih Meningkat

Triyo Handoko
Rabu, 28 Februari 2024 - 10:17 WIB
Sunartono
Rekap Suara Pemilu 2024 Sampai Tingkat Kabupaten, KPU Kulonprogo: Partisipasi Pemilih Meningkat Suasana pembukaanrapat pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten pada Pemilu 2024 yang diselenggarakanKPU Kulonprogo pada Selasa (27/2 - 2024).

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Rekapitulasi suara Pemilu 2024 di Bumi Binangun masuk tingkat kabupaten, Selasa (27/2/2024). Rekapitulasi tingkat kabupaten ini diselenggarakan langsung oleh KPU Kulonprogo hingga Rabu (28/2/2024).

Selama dua hari rekapitulasi suara tingkat kabupaten itu, KPU Kulonprogo menargetkan tiap harinya menyasar enam kapanewon. Setelah rampung rekapitulasi suara, KPU Kulonprogo akan menyerahkannya ke KPU DIY.

Ketua KPU Kulonprogo Budi Priyana menjelaskan partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 di Bumi Biangun mengalami kenaikan bila dibanding 2019 silam. Partisipasi pemilih di Kulonprogo sebesar 88,38% pada Pemilu 2024 ini.

BACA JUGA : KPU Kulonprogo Sediakan TPS Kelilingi untuk Pemilih di Rumah Sakit

Advertisement

Angka partisipasi itu lebih tinggi dibanding Pemilu 2019 dimana angkanya sebesar 86,49%, sedangkan pada Pemilu 2014 sebanyak 80%. "Capian ini jadi prestasi bersama, termasuk kesuksesan menyelenggarakan Pemilu dengan tak adanya pemungutan suara ulang di Kulonprogo," ungkapnya.

Bersama Gunungkidul, rekapitulasi tingkat kabupaten di Kulonprogo jadi salah satu yang pertama di DIY. "Kami ucapkan terimakasih ke Pemkab Kulonprogo, Polres, Kodim, dan seluruh instansi yang bersama-sama mensukseskan Pemilu ini," tuturnya saat sambutan.

Ketua Bawaslu Kulonprogo Marwanto menyebut lembaganya terus memantau dan mengawasi proses rekapitulasi. "Sudah kami pantau dan awasi dari tingkat TPS, kalurahan, kapanewon, sekarang tingkat kabupaten yang sedang berproses dimana berjalan lancar," terangnya.

Marwanto menjelaskan dalam rekapitulasi tingkat kabupaten tersebut ditemukan pergeseran jumlah suara tapi dapat diatasi dengan baik. "Tadi di Kapanewon Temon ada pergeseran suara pada DPRD kabupaten, setelah dicek di plano dapat terselesaikan dengan baik tanpa membuka kotak suara lagi," jelasnya.

Rekapitulasi suara tingkat kabupaten, jelas Marwanto, juga menghadirkan saksi-saksi yang ada. "Pergeseran suara di Temon tadi hanya di lingkup partai, jadi ada suara kandidat yang tergeser ke suara partai, setelah dicek dibenarkan dan diterima semua pihak termasuk para saksi yang hadir," ujarnya.

BACA JUGA : Komisioner KPU Kulonprogo, M. Puja Rasa Satuhu: Semua Warga Punya Hak Sama atas Nasib Bangsa

Evaluasi Bawaslu Kulonprogo, jelas Marwanto, pada penyelenggaraan Pemilu 2024 ini adalah adanya petugas KPPS yang belum bisa membedakan jenis pemilih. "Ada yang belum paham terkait DPT, DPTb, dan DPK, ini kami harap jadi bahan evaluasi dengan nantinya ditingkatkan bimteknya, supaya saat penyelngaraan selnjutnya seperti Pilkada dapat lebih baik," ucapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement