Advertisement

Besok Pagi, Pemkab Bantul Gelar Pasar Murah di Lapangan Karangtalun Imogiri

Jumali
Senin, 04 Maret 2024 - 12:37 WIB
Ujang Hasanudin
Besok Pagi, Pemkab Bantul Gelar Pasar Murah di Lapangan Karangtalun Imogiri Ilustrasi-Aktivitas jual beli di operasi pasar murah yang dilaksanakaan di depan Kantor Dinas Perdagangan Bantul, Jumat (25/5/2018). - David Kurniawan/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Bantul  akan menggelar pasar murah bahan pokok di Lapangan Karangtalun, Karangtalun, Imogiri, pada Selasa (5/3/2024) pagi.

Selain di Lapangan Karangtalun, kegiatan serupa direncanakan akan digelar di Kapanewon Pajangan dan Dlingo. Adapun tujuan dari diadakannya pasar murah adalah untuk menekan harga bahan pokok yang naik jelang bulan Ramadan.

Advertisement

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Bantul Agus Sulistiyana mengungkapkan pelaksanaan pasar murah untuk sementara dijadwalkan dilakukan di Lapangan Karangtalun, Selasa (5/3/2024).

Sedangkan untuk pasar murah yang digelar di Kapanewon Pajangan dan Dlingo, pelaksanaan masih menunggu kesiapan dari Bulog dan sejumlah distributor bahan pokok.

“Sementara yang sudah pasti besok di Karangtalun. Untuk di Pajangan dan Dlingo kami menunggu dari Bulog dan distributor. Harapannya, bisa dilakukan secepatnya, sebelum Ramadan,” katanya, Senin (4/3/2024).

Selain beras yang akan dijual dengan harga Rp54.500 per lima kilogram, pasar murah yang digelar di Karangtalun juga akan menjual sejumlah kebutuhan pokok lainnya, seperti minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, dan telur. Untuk harga yang akan dibanderol untuk minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, dan telur akan berada di bawah harga pasaran.

“Untuk beras kami siapkan 4 ton. Nanti akan jual sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi). Nanti beras tidak hanya dipasok dari Bulog, tapi juga dari distributor. Termasuk untuk bahan pokok lainnya, kami libatkan distributor pada kegiatan ini,” papar Agus.

BACA JUGA: Pemkab Bantul Rencanakan Gelar Pasar Murah di Tiga Lokasi Berbeda saat Ramadan 2024

Sementara untuk syarat masyarakat yang bisa membeli bahan pokok pada saat pasar murah, Agus mengaku tidak ada syarat khusus. Pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah lurah terkait pelaksanaan pasar murah tersebut.

“Misal di luar data dan stok masih mencukupi ya kita layani. Pasar murah sendiri kami gelar mulai pukul 08.00 WIB,” katanya.

Analis Perdagangan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUKMPP) Bantul, Zuhriyatun Nur Handayani mengungkapkan, pasar murah yang digelar pihaknya  ini kerja sama dengan Bulog Kanwil Yogyakarta dan distributor bahan pokok di Kabupaten Bantul.

“Komoditas yang dijual beras, gula pasir, minyak goreng,  tepung terigu, telur ayam, bawang merah dan bawang putih dengan volume kurang lebih 10 ton,” katanya.

Sementara Jogoboyo Kalurahan Karangtalun, Imogiri, Rian Armita mengatakan kegiatan pasar murah di lapangan Karangtalun bukan kali pertama digelar. Sebelumnya sudah ada beberapa kali kegiatan pasar murah digelar di tempat tersebut.

“Soal koordinasi, sejauh ini kami hanya diberitahu lokasi. Nanti teknis berapa banyak stok dan pelaksanaan ada di Dinas. Kami hanya membantu keamanan dan kebersihan,” terang Rian.

Menurut Rian, dari pengalaman yang ada, ada selebaran yang dibagikan oleh Dinas kepada pihak kalurahan. Dalam selebaran itu ada kejelasan harga dan bahan pokok yang akan dijual pada pasar murah.

“Hanya saja, untuk kali ini, kami belum mendapatkannya. Mungkin seperti yang sudah-sudah, nanti pasar murah diprioritaskan untuk warga Kapanewon Imogiri. Meski demikian, warga di luar Kapanewon Imogiri juga bisa membeli,” papar Rian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement