Advertisement

Catat! Tiket Terusan Pansela Bantul Berlaku Mulai Bulan Depan, Tarifnya Rp15 Ribu Per Orang

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 07 Maret 2024 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Catat! Tiket Terusan Pansela Bantul Berlaku Mulai Bulan Depan, Tarifnya Rp15 Ribu Per Orang Ilustrasi TPR Parangtritis. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Mulai bulan depan, Pemkab Bantul akan menaikkan tarif masuk pantai selatan (pansela). Kenaikan tersebut dilakukan untuk mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bantul tahun ini. 

Plt Kepala Dispar Bantul, Kwintarto Heru Prabowo menyampaikan pada 6 Maret 2024 dilakukan harmonisasi peraturan Bupati Bantul mengenai tiket sekali masuk Pansela. “Prinsipnya nanti ada kenaikan tarif, tetapi nanti kami buka pantai secara all in one," katanya, Kamis (7/3/2024). 

Advertisement

Dia menyampaikan kebijakan tersebut diambil untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat berwisata di Pantai Bantul. Selain itu menurut dia dilakukan untuk mendorong lama tinggal atau length of stay wisatawan di Bantul. 

"Dengan tiket naik, tetapi kami berikan layanan ke seluruh pantai. Harapannya tidak hanya ke satu pantai, lalu pergi dari Bantul, tetapi bisa berlama-lama di Bantul, aspek ekonominya nanti juga bisa jalan," katanya. 

Dia menyampaikan hal tersebut pun diharapkan dapat meningkatkan usaha pariwisata masyarakat Bantul. Nantinya, tiket terusan pansela akan menjadi Rp15.000 per orang dari sebelumnya Rp10.000 per orang. 

Dia menyampaikan pelayanan Pansela sebelumnya terdiri dari pantai selatan blok barat dan timur. Nantinya, akan dijadikan satu blok pada 2024. Sementara tahun depan, kebijakan tersebut akan kembali dikaji.

BACA JUGA: Mulai Diserbu Pengunjung, Berikut Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Objek Wisata Tebing Breksi

Dia menyampaikan ke depan meski TPR Parangtritis akan dipindah, tetapi pembelian tiket di satu tempat dapat digunakan untuk mengakses ke pantai lainnya.

Dia menyampaikan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bantul tahun 2024 mencapai Rp49 miliar. Meski begitu, karena kenaikan tarif dimulai pada April 2024, maka Dispar Bantul memperkirakan hanya akan mencapai Rp35-40 miliar. Jumlah PAD tersebut pun meningkat dari tahun 2023 yang mencapai Rp26 miliar. 

Perhitungan tersebut dipatok berdasarkan perkiraan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pansela sekitar 3-4 juta dalam setahun. “Kalau nanti kita naikkan [tarif Pansela] harapannya pendapatannya mendekati, sesuai target yang diharapkan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement